Sukabumi Update

Selain Planet Sejajar, di Bulan Juni Juga Terjadi Fenomena Astronomi Planet Mundur

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan Juni ini selain terjadi fenomena astronomi planet sejajar juga terjadi Fenomena astronomi lain planet mundur atau gerak retrograde.

Fenomena ini merupakan gerak semu planet yang mulai berbalik arah dari timur ke barat atau menjadi bergerak mundur.

Melansir dari Tempo.co, gerak retrograde ini dimulai pada Selasa dini hari, 28 Juni 2022, dan akan berlangsung hingga 3 Desember mendatang.   

“Setelah Selasa, Neptunus akan memulai putaran retrograde ke barat yang akan berlangsung hingga awal Desember," tulis ahli geofisika Chris Vaughan, astronom amatir dengan Perangkat Lunak SkySafari yang mengawasi kalender peristiwa astronomi.

Baca Juga :

Bagi yang ingin mengikutinya akan dapat mengamati piringan biru samar Neptunus di teleskop. Vaughan menjelaskan posisi untuk melihat obyek di langit tenggara antara pukul 2 dan 4 pagi waktu setempat dan akan melihat sekilas penampakan planet dari gas raksasa tersebut.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan peristiwa ini bervariasi tergantung pada lokasi spesifik pengamat. Jika ragu, silahkan memeriksa aplikasi skywatching seperti SkySafari atau perangkat lunak seperti Starry Night untuk memeriksa waktu sesuai lokasi pengamatan. 

Pergerakan "mundur" (berhenti lalu berbelok berlawanan arah) planet-planet melintasi langit disebabkan oleh orbit Bumi mengelilingi matahari dan bagaimana perspektif pengamat di Bumi berubah selama perjalanan tahunan melalui ruang angkasa.

photoPlanet di Tata Surya - (NASA)</span

"Retrograde loop terjadi ketika Bumi, pada orbit yang lebih cepat lebih dekat ke matahari, melewati planet yang lebih jauh 'di jalur dalam'," tulis Vaughan. "Membuat mereka tampak bergerak mundur melintasi bintang-bintang".

Semakin jauh dari matahari, semakin lama planet menghabiskan waktu dalam gerakan retrograde nya itu. Gerak semu Planet Neptunus ini akan berakhir pada 3 Desember 2022 sebelum dia tampak benar-benar bergerak ke arah barat atau berlawanan dari gerak sebelumnya.

Berikut ini gerak retrograde planet lain yang terjadi sepanjang tahun ini

29 Jul 2022 03:32 WIB - Planet Jupiter mulai bergerak mundur

24 Aug 2022 20:40 WIB - Planet Uranus mulai bergerak mundur

23 Oct 2022 10:36 WIB - Planet Saturnus mengakhiri gerakan mundur

30 Oct 2022 20:21 WIB - Planet Mars mulai bergerak mundur

24 Nov 2022 06:15 WIB - Planet Jupiter mengakhiri gerakan mundur

04 Dec 2022 06:48 WIB - Planet Neptunus mengakhiri gerakan mundur

SUMBER: SPACE | IN THE SKY | TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI