Sukabumi Update

Menanti Hasil Penelitian Diduga Harimau Jawa di Hutan Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Munculnya berbagai kesaksian warga soal penampakan diduga Harimau Jawa di kawasan hutan di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mendorong Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau atau LIPI untuk melakukan penelusuran.

Hasilnya, LIPI yang didampingi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menemukan bekas cakaran di pohon serta kotoran hewan di kawasan hutan rakyat blok Gunting dan blok Batu Bokor, di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 Juni 2022. Di kawasan hutan itulah, muncul berbagai kesaksian penampakan hewan yang diduga harimau.

Baca Juga :

Ketua RT 07/03 Kampung Tugu, Desa Cipeundeuy, Hendi Hasbuloh (52 tahun) adalah warga yang melaporkan melihat bagian dari tubuh hewan yang diduga harimau sekitar bulan Mei dan Juni tahun 2019.

Hendi pun ikut serta dalam penelusuran untuk mengungkap kesaksian mengenai kemunculan diduga harimau jawa di hutan tersebut bersama LIPI dan BKSDA.

"Kami dari BKSDA mendampingi tim dari LIPI diantar sama pak RT bersama warga lain ke lokasi. Dimana pada tahun 2019 pak RT bersama satu orang temannya diduga menemukan jejak harimau. Pak RT menyebutnya meong," kata Polisi Hutan Suaka Margasatwa Cikepuh, Iwan Setiawan kepada sukabumiupdate.com, Kamis (30/6/2022).

Mengenai bekas cakaran di pohon dan kotoran, Iwan menyatakan masih proses penelitian dan belum ada hasil. "Masih proses penelitian," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI