Sukabumi Update

Pesawat Ruang Angkasa China Berhasil Dapatkan Gambar Seluruh Planet Mars

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pesawat ruang angkasa China tanpa awak memperoleh data citra satelit yang mencakup seluruh planet Mars dengan jelas, termasuk visual kutub selatannya, setelah mengitari planet merah itu lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu.

photoGambar Planet Mars yang Ditangkap oleh Pewasat Luang Angkasa China - (via: reuters)</span

Melansir dari Reuters, pesawat luar angkasa Tianwen-1 China berhasil mencapai Planet Merah di Februari 2021 pada misi perdana mereka. Sebuah robot rover telah dikerahkan di permukaan saat pengorbit mengamati planet dari luar angkasa.

Baca Juga :

Di antara gambar yang diambil dari luar angkasa adalah foto kutub selatan Mars pertama China, di mana hampir semua sumber air planet ini terkunci.

Sementara pada tahun 2018, sebuah penyelidikan yang mengorbit dan dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa juga telah menemukan air di bawah es kutub selatan di Mars.

Penemuan air bawah permukaan adalah sebuah kunci untuk menentukan potensi planet untuk kehidupan, serta menyediakan sumber daya permanen untuk setiap eksplorasi manusia di sana.

photoGambar Planet Mars yang Ditangkap oleh Pewasat Luang Angkasa China - (via: reuters)</span

Gambar Tianwen-1 lainnya termasuk foto-foto ngarai Valles Marineris sepanjang 4.000 kilometer (2.485 mil) dan kawah tumbukan dataran tinggi di utara Mars yang dikenal sebagai Arabia Terra.

Tianwen-1 juga mengirimkan kembali citra resolusi tinggi dari tepi kawah Maunder yang luas, serta pemandangan dari atas ke bawah dari Ascraeus Mons setinggi 18.000 meter (59.055 kaki), gunung berapi perisai besar yang pertama kali terdeteksi oleh Mariner 9 NASA.

Baca Juga :

SOURCE: REUTERS

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI