Sukabumi Update

Gempa Dangkal Goyang Sukabumi Utara, Pusatnya di Cijengkol Caringin

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga di wilayah Sukabumi Utara melaporkan getaran gempa bumi pada Kamis, 14 Juli 2022. BMKG mencatat gempa bumi dangkal dengan kekuatan 3.3 magnitudo terjadi sekitar pukul 13:30:59 WIB, berpusat di lereng selatan Gunung Gede Pangrango.

"Iya kerasa. Pas selesai sholat," jelas Muthi karyawan perkantoran di jalan Brawijaya Kota Sukabumi, kepada sukabumiupdate.com.

Hal serupa juga diungkap dua siswa SMKN Muhammadiyah yang tengah praktek kerja lapangan di kantor tersebut. "Kirain tadi temen goyang-goyang meja. Taunya gempa," ungkap Nurul.

Grup medsos gempa dunia, melaporkan gempa tersebut berpusat di 6.88 LS,106.84 BT, 10 kilometer Barat Laut Kota Sukabumi Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer. Informasi di akun ini, langsung mendapatkan respon dan laporan dari para netizen, khususnya yang berada di Sukabumi.

"Kerasa min Sukabumi," tulis akun Aniisa Raditt Hardiann

"Cibadak pamuruyan kerasa min," tulis akun Ella Delia di kolom komentar grup tersebut.

Baca Juga :

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menyebut gempa ini dipicu sesar aktif yang berada di kawasan lereng selatan Gunung Gede Pangrango. Gempa tersebut dirasakan di Cibadak dalam skala II-III MMI.

"Gempa Kab. Sukabumi Mag:3.3, 14-Jul-22 13:30:59 WIB, Lok:6.88 LS - 106.84 BT, Kedlmn: 13 Km, dirasakan Di Cibadak II-III MMI dipicu sesar aktif di Kaki  Gunung Pangrango," jelas Daryono melalui pesan singkat kepada sukabumiupdate.com, Kamis 14 Juli 2022.

Ia menghimbau warga tidak panik, dan melaporkan jika terjadi dampak gempa tersebut kepada aparatur pemerintah terdekat. 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI