Sukabumi Update

4 Fakta Menarik Ikan Arapaima Gigas yang Ditemukan Saat Banjir di Garut

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan Arapaima Gigas merupakan spesies ikan predator asli sungai Amazon. Ikan ini belakangan viral setelah ditemukan di Garut, Jawa Barat. Melansir dari Tempo.co, ikan arapaima itu ditemukan saat banjir besar di Garut, pada Jumat, 15 Juli 2022.

Ada dua ekor ikan arapaima gigas yang ditemukan warga. Video penemuan ikan arapaima gigas itu pun viral di media sosial. Video itu diunggah dalam akun Instagram @infojawabarat. Menurut keterangan di akun tersebut, ikan arapaima itu sudah mati.

Mengutip laman Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology Institute, arapaima ikan air tawar berukuran besar dan ramping yang berasal dari aliran lembah Sungai Amazon.

Baca Juga :

Ikan arapaima mampu mengatasi banyak udara, mendukungnya untuk bertahan hidup di tempat-tempat yang tingkat udaranya rendah. Arapaima salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia yang beratnya bisa mencapai ratusan kilogram. 

Berikut empat fakta menarik ikan arapaima gigas.

photoIkan Arapaima - (iStock)</span

1. Ikan Air Tawar Raksasa

Mengutip  AZ Animals, panjang ikan arapaima bisa mencapai 3 meter, bahkan beberapa sumber menyebut panjang maksimalnya 4,7 meter. Beratnya mencapai 220 kilogram.

Tapi, biasanya ditemukan panjang ikan arapaima sekitar 1,9 meter, beratnya 91 kilogram Arapaima memiliki kepala berwarna hijau seperti tembaga dan tubuhnya agak gelap. Ekornya tutup sisik merah. Itu sebabnya disebut juga dengan Pirarucu atau ikan merah di Brasil.

2. Memiliki Kantung Oksigen

Mengutip AZ Animal s, ikan Arapaima memiliki kantung oksigen untuk mengatasi udara. Itu sebabnya, arapaima dewasa hanya bisa bertahan di bawah air paling lama 20 menit. Ikan arapaima cenderung hidup dekat permukaan air sebelum muncul untuk bernapas, 

3. Memiliki Lidah yang Bertulang

Balai Konservasi dan Kebun Binatang Nasional Smithsonian , lidah bertulang dan gigi tajam ini dikombinasikan untuk melumatkan mangsanya dalam mulut. Arapaima memposisikan diri di bawah mangsanya, kemudian menelannya di dekat permukaan air.

Cara memangsa itu pusaran seperti hisap yang memaksa mangsa masuk ke dalam mulut arapaima. Mangsanya dilumatkan lidahnya yang ramping dan deret gigi yang keras.

4. Makanan Arapaima

Mengutip National Geographic, cara ikan arapaima memangsa membuka lebar mulut untuk menarik makanan di dekat ( big gulp atau gulper ). Ikan arapaima menyedot mangsa di dekat permukaan air.

Biasanya arapaima bertahan hidup dengan memakan ikan lain dengan ukuran lebih kecil, buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

kadang-kadang predator ini menggunakan semburan kecepatan dari permukaan udara untuk menangkap burung dan kadal.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI