Sukabumi Update

BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob, Pesisir Sukabumi Waspada!

SUKABUMIUPDATE.com -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan adanya potensi banjir pesisir atau rob yang diprakirakan akan berlangsung pada 26 - 27 Juli 2022 di pesisir pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk di kawasan pesisir Sukabumi.

photoBanjir Rob - (Dok.SU/Ragil Gilang)</span

Melalui surat edarannya, BMKG menjelaskan jika potensi banjir rob tersebut disebabkan oleh adanya fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang konsisten hingga 46 km per jam di pesisir selatan Jawa. 

Baca Juga :

Hal tersebut mengakibatkan gelombang tinggi mencapai 4,0 - 6,0 meter yang mana dapat memberikan dampak  terhadap potensi banjir pesisir di wilayah tersebut.

Ketinggian banjir pesisir berbeda akan berbeda disetiap wilayah. Namun meskipun begitu, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas sehari - hari masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Oleh sebab itu masyarakat dihimbau untuk mempersiapkan upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut serta memperhatikan pembaruan informasi cuaca maritim dari BMKG. 

Baca Juga :

SOURCE: BMKG

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI