Sukabumi Update

Indah! Teleskop James Webb Perlihatkan Nebula Cincin Selatan Sejauh 2.500 Tahun Cahaya

SUKABUMIUPDATE.com - Teleskop James Webb, teleskop termahal milik NASA diketahui dapat melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan oleh teleskop yang lain.

Video baru dari European Space Agency (ESA), yang bermitra dengan NASA dan Canadian Space Agency, menunjukkan bagaimana Teleskop James Webb dapat melihat objek kosmik yang jauh dengan detail dan kejelasan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebagaimana dilaporkan Mashable, 30 Juli 2022.

photoBintang terang di tengah Nebula - (NASA / ESA / Webb / AFP)</span

Melansir dari tempo.co, video itu menunjukkan Southern Ring Nebula (Nebula Cincin Selatan), yang merupakan lokasi kematian bintang yang dramatis sekitar 2.500 tahun cahaya.

Baca Juga :

Sebuah bintang seukuran matahari telah kehabisan bahan bakar dan mengeluarkan awan besar gas ke luar angkasa. Sungguh pemandangan yang spektakuler.

Video Badan Antariksa Eropa itu berjalan jauh melampaui galaksi Bima Sakti kita untuk menggambarkan apa yang dilihat oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb - dengan cermin selebar 21 kaki (6,4 meter) - di alam semesta yang jauh.

Tidak seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble yang legendaris, yang menangkap cahaya yang dapat kita lihat, teleskop Webb menangkap jenis cahaya lain, dengan panjang gelombang yang lebih panjang, yang disebut cahaya inframerah.

Panjang gelombang cahaya yang lebih panjang ini dapat menyelinap melalui awan debu dan gas, menerangi hal-hal yang sebelumnya diselimuti (seperti bintang sekarat yang menumpahkan gas di pusat Nebula Cincin Selatan) atau keruh.

"Ini mengangkat tabir," Jean Creighton, seorang astronom dan direktur Planetarium Manfred Olson di University of Wisconsin-Milwaukee, mengatakan kepada Mashable tahun lalu.

Teleskop Webb baru saja dimulai. Perangkat ini akan melihat beberapa galaksi tertua di alam semesta.

Ini akan mengungkapkan terbuat dari apa atmosfer planet ekstrasurya misterius, atau planet di luar tata surya kita.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI