Sukabumi Update

Ilmuwan Ungkap Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya, Apa Pengaruhnya?

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan menemukan jika Planet Bumi berputar lebih cepat dan membuat hari lebih pendek dari biasanya, hal itu menyebabkan para ilmuwan kebingungan.

Melansir dari Suara.com, pengukuran baru oleh Laboratorium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bahwa Bumi berputar lebih cepat daripada setengah abad lalu.

Pada 29 Juni, rotasi penuh Bumi membutuhkan waktu 1,59 milidetik kurang dari 24 jam, hari terpendek yang pernah tercatat.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa, jika kecepatan rotasi terus meningkat, kita mungkin perlu menghilangkan satu detik dari jam atom kita.

Baca Juga :

"Jika rotasi cepat Bumi berlanjut, itu bisa mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama," astrofisikawan Graham Jones melaporkan melalui TimeandDate.com dilansir laman New York Post, Selasa (2/8/2022).

Ini akan diperlukan untuk menjaga waktu sipil sejalan dengan waktu matahari, yang didasarkan pada pergerakan matahari melintasi langit.

Detik kabisat negatif berarti jam kita melewati satu detik, yang berpotensi menimbulkan masalah bagi sistem TI.

Para peneliti di Meta mengatakan, lompatan kedua akan memiliki efek kolosal pada teknologi dan menjadi "sumber utama rasa sakit" untuk infrastruktur perangkat keras.

“Dampak detik kabisat negatif belum pernah diuji dalam skala besar; itu bisa berdampak buruk pada perangkat lunak yang mengandalkan pengatur waktu atau penjadwal,” sebuah posting blog tentang topik tersebut, yang ditulis oleh peneliti Oleg Obleukhov dan Ahmad Byagowi, mengklaim.

“Bagaimanapun, setiap detik kabisat adalah sumber utama penderitaan bagi orang-orang yang mengelola infrastruktur perangkat keras.”

Ilmuwan Leonid Zotov, Christian Bizouard dan Nikolay Sidorenkov mengklaim bahwa rotasi tidak teratur adalah hasil dari sesuatu yang disebut Chandler Wobble, gerakan tidak teratur kutub geografis Bumi di seluruh permukaan dunia.

“Amplitudo normal goyangan Chandler adalah sekitar 3m hingga 4m di permukaan bumi,” kata Zotov kepada TimeandDate, tetapi dari 2017 hingga 2020 menghilang.

photo(Ilustrasi) Planet Bumi di Tata Surya - (Freepik)</span

Beberapa ahli percaya pencairan dan pembekuan kembali lapisan es di gunung tertinggi di dunia dapat berkontribusi pada kecepatan yang tidak teratur.

“Bumi telah mencatat hari terpendeknya sejak para ilmuwan mulai menggunakan jam atom untuk mengukur kecepatan rotasinya,” lapor TimeandDate.

“Pada 29 Juni 2022, Bumi menyelesaikan satu putaran dalam 1,59 milidetik kurang dari 24 jam. Ini adalah yang terbaru dalam serangkaian rekor kecepatan untuk Bumi sejak 2020.”

Zotov mengatakan kepada TimeandDate bahwa ada "70 persen peluang" planet ini telah mencapai panjang minimum satu hari, yang berarti kita mungkin tidak akan pernah menggunakan detik kabisat negatif.

Namun, Zoltov mengakui belum ada cara untuk mengetahui secara pasti dengan teknologi saat ini.

 

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI