Sukabumi Update

Alasan dan Penyebabnya Mengapa Ada Orang Alergi Seafood

SUKABUMIUPDATE.com - Kita mungkin pernah melihat beberapa orang mengalami alergi, salah satunya ada orang yang mengalami alergi seafood atau terjadi reaksi setelah mengkonsumsi makanan laut.

Melansir dari Tempo.co, alergi seafood termasuk salah satu alergi makanan yang muncul setelah mengkonsumsi makanan laut, seperti gatal-gatal; kesemutan di mulut; pembengkakan di wajah, bibir, atau mata; sakit perut; sulit bernafas; pusing hingga pingsan. Jenis alergi makanan laut dapat mencakup ikan, kerang, dan makanan laut lainnya.

Melansir dari situs healthdirect, reaksi alergi dari ikan terdapat pada spesies salmon, cod, mackerel, sarden, herring, teri, tuna,  trout, dory, dan belut. Sedangkan kerang termasuk cumi-cumi, udang, lobster, kepiting, dan jenis jenis moluska.

Baca Juga :

Orang dengan alergi seafood biasanya alergi terhadap satu jenis makanan laut, terhadap jenis ikan, kerang, atau keduanya. Gejala alergi berkisar dari reaksi ringan sampai parah muncul dalam beberapa menit setelah makan seafood, bahkan sampai beberapa jam kemudian. 

Penyebab Orang Mengalami Alergi Seafood

photoCapcay Seafood - (via: masakapaharii)</span

Semua alergi menyebabkan sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi (alergen) dalam laman betterhealth. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang mendeteksi alergen dan mengeluarkan reaksi inflamasi serta bahan kimia, disebut histamin. 

Histamin ini yang menyebabkan gatal-gatal, demam, dan gejala alergi lainnya. Kandungan molekul dalam kerang atau ikan yang memicu alergi, dan penderita mungkin memiliki reaksi alergi terhadap semua makanan yang mengandung molekul sama pada seafood.

Satu-satunya pengobatan untuk mengatasi alergi seafood dengan menghindari makanan yang menyebabkan alergi. Bahkan saat anda berhati-hati, sulit menghindari semua kontak dengan seafood. 

Karena itu, penderita alergi makanan harus terbiasa membaca label makanan atau menanyakan olahan makanan apa saja yang digunakan, misalnya penyedap rasa makanan laut. Seringkali produsen mengubah resep dan tambahan khusus makanan laut telah ditambahkan.

Jika anda memiliki gejala alergi, segera datang ke penyedia layanan kesehatan terdekat agar dapat didiagnosa oleh spesialis imunologi atau alergi klinis. 

Orang dengan reaksi alergi parah sangat disarankan memiliki resep injektor adrenalin dari dokter, selalu bawa injeksi anda setiap saat. Beri tahu staf makanan tentang alergi anda saat makan di luar.

Terutama pada anak-anak, ajari mereka untuk tidak menerima sembarang makanan dari teman, dan kenakan gelang atau tanda peringatan medis yang menunjukkan bahwa memiliki alergi makanan laut.

SUMBER: TEMPO.CO/BALQIS PRIMASARI 

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI