Sukabumi Update

Ilmuwan Berhasil Mengidentifikasi Panda Spesies Baru yang Hidup 6 Juta Tahun Lalu

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi spesies panda baru, yang diperkirakan hidup 6 juta tahun yang lalu di Eropa, setelah penemuan fosil dua gigi yang disimpan di Museum Bulgaria.

Fosil geraham atas dan taring tersebut ditemukan pada akhir 1970-an di deposit batu bara dan disimpan dalam koleksi Museum Nasional Sejarah Alam Bulgaria selama lebih dari empat dekade.

photoFossil Gigi Panda` - (via: timetotimes.com)</span

"Butuh waktu bertahun-tahun bagi saya untuk mengetahui apa itu dan berapa usianya. Saya juga butuh waktu lama untuk menyadari bahwa ini adalah fosil panda raksasa yang tidak diketahui sebelumnya," kata Nikolai Spassov, profesor di museum, seperti dikutip dari CNN, Rabu (3/8/2022) oleh suara.com.

Baca Juga :

Para ahli mengatakan bahwa penemuan ini menunjukkan betapa sedikitnya informasi yang diketahui tentang alam purba.

Menurut rilis berita, spesies yang ditemukan tersebut adalah panda terakhir yang diketahui hidup di Eropa.

Para peneliti menamainya Agrirctos nikolovi, diambil dari nama Ivan Nikolov, seorang ahli paleontologi di museum yang awalnya membuat katalog temuan itu.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Vertebrate Paleontology, tersebut mengungkapkan bahwa panda sebagian besar memakan vegetarian.

Tapi, makanannya akan lebih bervariasi daripada satu-satunya kerabat panda yang masih hidup, yang hanya makan bambu.

Ujung gigi fosil tersebut kemungkinan tidak cukup keras untuk menghancurkan batang bambu berkayu, menunjukkan bahwa hewan itu akan memakan tanaman yang lebih lunak.

Endapan batu bara di mana fosil gigi itu ditemukan memberikan bukti bahwa panda purba ini mendiami kawasan hutan dan rawa.

Menurut para ahli, panda tersebut punah kemungkinan karena perubahan lingkungan yang mengering.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI