Sukabumi Update

5 Fakta Menarik Tentang Gurun Sahara, Padang Pasir Terbesar di Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Fakta menarik tentang Gurun Sahara, padang pasir ini menjadi salah satu gurun terbesar di Dunia.

Mengutip dari Tempo.co, menurut Britannica, luas Gurun Sahara dari timur ke barat sekitar 4.800 kilometer dan 172.000 kilometer membentang dari utara ke selatan.

Gurun Sahara berbatasan dengan Samudra Atlantik di bagian barat, Laut Merah di timur, Pegunungan Atlas dan Laut Mediterania di bagian utara, dan wilayah vegetasi, Sahel di sisi selatan.

Baca Juga :

Berikut fakta menarik tentang Gurun Sahara yang belum diketahui banyak orang.

1. Titik Tertinggi Mencapai 3.415 Meter

Mengutip dari ThoughtCo, puncak tertinggi Gurun Sahara adalah Emi Koussi, gunung berapi yang tingginya 3.415 meter yang menjadi bagian dari Pegunungan Tibesti di wilayah Chad.

Sedangkan titik terendah Gurun Sahara, yakni cekungan Qattara Depression di wilayah Mesir dengan kedalaman 133 meter di bawah permukaan laut.

2. Flora dan fauna di Gurun Sahara

Banyak spesies tumbuhan dan hewan di Gurun Sahara. Mengutip World Wildlife Fund, sekitar 500 spesies tanaman, 70 spesies mamalia, 90 spesies burung dan 100 spesies reptil tersebar di seluruh Gurun Sahara.

Banyak pula ditemukan berbagai macam spesies laba-laba, kalajengking, dan arthropoda kecil lainnya yang hidup di Gurun Sahara.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Gurun Sahara - (Unplash Rubén Bagüés)</span

3. Adanya Mata Biru

Mata Biru sebutan formasi geologi Gurun Sahara. Mengutip Geology Science, formasi geologi ini  kawah yang terbentuk ketika benda dari luar angkasa menabrak Bumi.

Struktur dari Mata Biru ini terdiri atas batuan vulkanik, gabro, dan kimberlite yang strukturnya kubah berbentuk elips terkikis dengan diameter 40 kilometer.

4. Unta jadi hewan khas di Gurun Sahara

Unta merupakan salah satu hewan ikonik dari Gurun Sahara. Mengutip Live Science, meski nenek moyang unta berasal dari Amerika Utara, mamalia besar ini melakukan perjalanan ke Afrika melintasi Selat Bering antara 3 juta dan 5 juta tahun yang lalu. Selanjutnya, unta dijinakkan sekitar 3.000 tahun silam di Semenanjung Arab sebagai hewan transportasi.

Baca Juga :

5. Kondisi cuaca

Sepanjang tahun, suhu di Gurun Sahara rata-rata sekitar 20 derajat hingga 25 derajat Celsius. Melonjak hingga 49 Celcius pada musim panas pada siang. Turun ke minus 18 Celsius selama musim dingin pada malam hari.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI