Sukabumi Update

Dokter Ungkap 5 Bahan Kimia pada Sampo yang Ternyata Berbahaya

SUKABUMIUPDATE.com - Sampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut atau kulit kepala.

Seperti yang seharusnya sudah diketahui, jika produk perawatan apapun tentunya akan mengandung berbagai macam bahan kimia.

Melansir dari Suara.com, ahli bedah plastik dari New Jersey, Alexander Dane, mengatakan ada beberapa bahan kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Menurutnya, sebagian besar produk sampo mengandung 20 hingga 30 bahan kimia sintetis yang dilarang di sejumlah negara.

"Seringkali Anda melihat 20 hingga 30 bahan yang terdaftar, kebanyakan dari bahan tersebut adalah sintetis dengan banyak bahan kimia yang sebenarnya dilarang di negara lain," kata Dane, dikutip dari Insider.

photoIlustrasi Sampo - (Freepik)</span

Ia menjelaskan beberapa bahan kimia tersebut meliputi:

Baca Juga :

1. Sulfat

Ini adalah zat yang menimbulkan busa dalam produk perawatan rambut yang menghilangkan minyak dan pewarna alami rambut, dan dapat menyebabkan iritasi.

2. Triclosan

Bahan kimia ini digunakan untuk memperpanjang masa simpan dalam produk anti bakteri, yang dapat mengganggu hormon tubuh dan kemungkinan terkait dengan kanker serta masalah reproduksi.

3. Paraben

Bahan kimia ini dapat menghilangkan warna rambut, kekeringan, serta iritasi pada kulit kepala.

Saat ini, peneliti sedang mempelajari efek paraben pada kanker payudara.

4. Benzene

Ini adalah karsinogen manusia. Bahan pernah digunakan dalam produk sampo Procter & Gamble pada 2021, dan telah ditarik dari peredaran.

5. Formaldehida

Dinilai sebagai zat karsinogenik lain yang hingga kini masih digunakan di beberapa produk sampo.

Kandungan bahan kimia tersebut membuat beberapa orang beralih ke alternatif alami, seperti air beras atau semprotan minyak kelapa.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI