Sukabumi Update

Apa Itu Hewan Vertebrata? Berikut Ciri-Ciri Hingga Contohnya

SUKABUMIUPDATE.com - Hewan vertebrata merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki tulang belakang, ada banyak hewan yang termasuk vertebrata baik yang hidup di air maupun di darat.

Mengutip dari Suara.com, tulang belakang tersebut berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda (korda dorsalis).

Notokorda vertebrata hanya ada pada masa embrionik, di mana setelah dewasa akan mengalami penulangan menjadi sistem penyokong tubuh sekunder, yaitu tulang belakang (vertebrae).

Baca Juga :

Fungsi dari tulang belakang tersebut adalah untuk menopang tubuh hewan dan melindungi sumsum tulang belakang serta menghubungkannya pada sistem saraf. Selain itu, hewan vertebrata juga memiliki tengkorak untuk melindungi otak. 

Berikut ini adalah ciri-ciri lainnya dari hewan vertebrata:

  • Memiliki syaraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang.
  • Bernafas menggunakan paru-paru kulit dan insang.
  • Memiliki kelenjar bundar dan endoksin yang menghasilkan hormon pengendali.
  • Memiliki suhu tubuh yang panas dan tetap (homoiternal), atau bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan (poikiloternal).
  • Alat pencernaan memanjang mulai dari mulut hingga ke anus, yang terletak di sebelah vertran dan di belakang.
  • Berkulit epidermis (bagian luar) dan kulit endodermis (bagian dalam).
  • Alat reproduksi berpasangan, kecuali pada burung.

Kategori dan Contoh Hewan Vertebrata

photoIlustrasi. Kucing merupakan salah satu jenis hewan vertebrata - (Pickybest)</span

Secara ilmiah, para peneliti membagi hewan vertebrata ke dalam beberapa kategorisasi atau klasifikasi. Berikut ini adalah kategori dan contoh dari hewan vertebrata:

Baca Juga :

  1. Kategori pisces, adalah kategori dari hewan vertebrata yang merupakan jenis ikan yang hidup di perairan. Contohnya yaitu ikan nila, ikan pari, ikan lele, ikan gurami, ikan tongkol.
  2. Kategori amfibi, adalah kategori yang dapat hidup di dua area yakni di air dan darat. Contohnya yaitu kadal, katak, salamander, axolotl.
  3. Kategori reptilia, adalah kategori dari hewan vertebrata yang berjenis hewan reptil yang melata. Contohnya yaitu ular, buaya, kura-kura, bunglon.
  4. Kategori aves, adalah kategori yang memiliki sayap dan ada yang dapat terbang ataupun tidak. Contohnya yaitu ayam, bebek, pinguin, burung.
  5. Kategori mamalia, adalah kategori dari hewan vertebrata yang menyusui. Contohnya yaitu kucing, anjing, sapi, kambing, dan kuda. 

Perbedaan Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Berdasarkan bentuk tubuhnya, hewan memang dibedakan menjadi vertebrata dan avertebrata. Kalau hewan vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki ruas-ruas tulang belakang yang tersusun dari vertebra, dan termasuk ke dalam hewan tingkat tinggi sehingga mudah dikenali bentuk tubuhnya.

Lain halnya dengan hewan avertebrata yang merupakan hewan yang tidak memiliki susunan tulang belakang. Hewan avertebrata ini memiliki anatomi tubuh yang jauh lebih sederhana daripada vertebrata.

Hewan avertebrata ini termasuk dalam hewan berdarah dingin, yang artinya suhu tubuh hewan ini bergantung pada suhu atmosfer.

SUMBER: SUARA.COM/Rishna Maulina Pratama

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI