Sukabumi Update

Paus dan Lumba-lumba di Teluk Palabuhanratu Sukabumi, Nelayan: Ada Ratusan Ekor

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak beberapa hari terakhir para nelayan dan warga pesisir teluk Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kedatangan 'tamu istimewa'. Kawanan Paus Bryde atau paus edeni, terlihat berenang di perairan teluk palabuhanratu, bersama ratusan ekor lumba-lumba jenis hidung botol.

Nelayan sekaligus operator wisata air di Palabuhanratu, Fajar Sepdiansyah menyebut jumlah paus dan lumba-lumba mencapai ratusan ekor. Fajar sempat mengabadikan momen tersebut melalui kamera handphonenya, saat berlayar dan bertemu kawanan mamalia laut tersebut, Jumat pagi tadi, 26 Agustus 2022.

"Tadi pagi mau berangkat mancing pakai perahu jukung sama teman-teman nelayan disini. Di perjalanan kami bertemu kawanan paus Bryde atau kalau nelayan disini nyebutnya paus persong dan lumba-lumba hidung botol," jelas Fajar kepada sukabumiupdate.com, lewat pesan singkat.

Sayang videonya tak sempat merekam momen tersebut terlalu lama. "hp na keburu mati mau video full," lanjut Fajar.

Menurut pemuda warga Palabuhanratu ini, pertemuan itu terjadi di perairan depan SBH, kurang lebih 3-4 mil laut dari bibir pantai. Kawanan paus dan lumba-lumba tersebut terlihat tengah berburu ikan-ikan kecil yang memang lagi banyak di perairan teluk Palabuhanratu.

"Biasanya mereka mengejar ikan-ikan kecil. Kalau warga sini nyebutnya ikan lisong," beber Fajar.

photoawanan Paus Bryde atau paus edeni, terlihat berenang di perairan teluk palabuhanratu, bersama ratusan ekor lumba-lumba jenis hidung botol. - (istimewa)</span

Kehadiran paus persong ini lanjut Fajar, terlihat baru 4 hari terakhir ini. Sedangkan Lumba-lumba hampir setiap hari terlihat berburu di perairan teluk Palabuahnratu. 

"Paus persong yang terlihat sih rata-rata seukuran mobil kecillah," sambung pria yang bergabung dengan komunitas palabuhanratufishingcharter ini lebih jauh.

Baca Juga :

Dengan kawasan bermain mamalia laut ini hingga 4 mil dari daratan, tentu sulit dilihat bibir pantai. Namun ungkap Fajar, jika ada wisatawan yang mau melihat kawanan lumba-lumba dan paus bermain di laut Palabuhanratu, bisa menyewa perahu nelayan atau operator wisata air.

"Paus persong sama lumba lumba hidung botol biasanya muncul dan berburu ke permukaan pagi dari jam 7.  Sore mereka muncul lagi sekitar jam 16.00 WIB," beber Fajar.

Sekedar informasi, paus Bryde atau edeni alias persong (istilah warga Palabuhanratu) adalah salah satu spesies paus rorqual. Dengan standar rorqual, mereka termasuk kecil, dengan berat tidak lebih dari 25 ton. Paus ini menyukai perairan tropis dan hangat dengan makanan favoritnya ikan.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI