Sukabumi Update

Jerman Perkenalkan Kereta Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Jerman telah resmi memperkenalkan kereta bertenaga hidrogen pertama di dunia. Hal tersebut sebagai bagian dari rencana Jerman untuk mengganti lokomotif diesel secara bertahap.

photoKereta Bertenaga Hidrogen - (Alstom)</span

14 Kereta bertenaga hidrogen tersebut sudah mulai beroperasi di Jerman pada hari Rabu, 24 Agustus lalu, menggantikan lokomotif diesel di jalur 100km (60 mil) yang menghubungkan kota-kota Cuxhaven, Bremerhaven, Bremervoerde dan Buxtehude dekat Hamburg.

Kereta ini memiliki sel bahan bakar yang dipasang di atas atapnya, yang mencampur hidrogen di kapal dengan oksigen yang ada di udara sekitar, menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan kereta.

Tidak seperti kereta bertenaga diesel yang digantikannya, kereta bertenaga hidrogen hanya mengeluarkan uap dan air yang menguap. 

Masing-masing kereta dapat menempuh jarak 1.000 kilometer (621 mil) dengan satu tangki hidrogen dan memiliki kecepatan menyentuh 140 kilometer per jam (87mph).

Sementara, untuk stasiun pengisian hidrogennya sendiri telah telah dipasang di sepanjang rute kereta.

Kereta bertenaga hidrogen ini menjadi cara yang sangat menjanjikan untuk menghilangkan karbon di sektor kereta dan menggantikan diesel yang menjadi salah satu penyebab pemanasan iklim.

Operator kereta regional LNVG mengatakan armada yang menelan biaya 93 juta euro ini  ($ 93m), akan mencegah 4.400 ton CO2 dilepaskan ke atmosfer setiap tahunya.

Baca Juga :

SOURCE: ALSTOM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI