Sukabumi Update

Gempa Bumi 5.5 Magnitudo Guncang Sukabumi, BMKG Ungkap Lokasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi dikagetkan dengan guncangan gempa bumi pada Minggu sore (9/10/2022). BMKG mencatat gempa dengan kedalaman 12 kilometer ini memiliki magnitudo 5.5 dengan koordinat 7.09 LS dan 106.08 BT. Masyarakat rata-rata merasakan dua kali getaran.

Ahmad Dindin mengatakan gempa terasa dua kali di rumahnya di wilayah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, sekira pukul 17.00 WIB. "Saya di rumah bersama keluarga terasa dua kali gempa, yang pertama selewat dan kedua lumayan besar," kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Hal senada dikatakan Matar Hagi Aldair yang saat gempa terjadi sedang berada di Jalan Brawijaya, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Dia merasakan guncangan gempa cukup besar saat sedang bekerja di lantai dua kantornya. "Kaget banget, getaran gempanya lumayan," ujar Matar.

Baca Juga :

Dari keterangan tertulis, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menyatakan gempa terjadi pukul 17:02:44 WIB dengan lokasi di laut berjarak 26 kilometer Barat Daya Bayah, 36 kilometer Tenggara Muara Binuangeun, 53 kilometer Barat Daya Sukabumi, 109 kilometer Barat Daya Serang, dan 131 kilometer Barat Daya Jakarta.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis Teguh.

Hingga berita ini tayang, getaran juga dirasakan di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya juga merasakan guncangan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI