Sukabumi Update

Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah

SUKABUMIUPDATE.COM - Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Kebersihan (Distarkimsih) Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah bertempat di Majelis Taklim, Kampung Majelis, Desa Panyairan, Kec. Palabuhanratu, Selasa pagi (02/08). Bank sampah yang terbentuk untuk selanjutnya akan menjadi binaan Distarkimsih.

Menurut Kasi Pertamanan Distarkimsih Agus Sofyan, Pengelolaan bank sampah atau bisa juga dengan konsep Tempat Pengelolaan Sampah/Reuce, Reduse, Recycle (TPS/3R), adalah suatu konsep pengelolaan sampah secara efektif. Sampah jika dikelola memiliki nilai ekonomi tinggi, dengan cara dikumpulkan, ditimbang, dan dipilah untuk kemudian dijual. Hal ini juga harus dilakukan secara terus menerus, selain untuk mengurangi volume sampah, juga dapat menjadi peluang usaha menjanjikan.

“Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk mengenali jenis sampah mulai dari sumbernya atau rumah. Sehingga sejak awal jenis-jenis sampah sudah dipilah, tidak langsung dibuang begitu saja,” terang Agus.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya sendiri, karena persoalan sampah saat ini sudah menjadi problem nasional. Sehingga setiap daerah perlu segera melakukan penanganan sampah dengan efektif dan berwawasan lingkungan.

Selain dihadiri pejabat Distarkimsih, acara tersebut juga dihadiri tokoh masyarakat setempat, tokoh pemuda, kepala desa, para ketua RT dan RW, dan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi. (*)

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI