Sukabumi Update

Teten Masduki: Pemkab Sukabumi Harus Bisa Mandiri

SUKABUMIUPDATE.COM - Kepala Kantor Staf Presiden RI, Teten Masduki mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi harus bisa mandiri dari berbagai bidang khususnya dalam memberdayakan desa.
 
"Jangan selalu mengandalkan pemerintah pusat saja, karena sekarang eranya otonomi daerah," katanya kepada sukabumiupdate.com di sela pembangunan Jembatan Nawacita I di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Sabtu (6/8).
 
Menurutnya, salah satu upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat desa adalah dengan menambah Dana Desa (DD). Namun untuk hal teknis lainnya seperti pelatihan dan pembinaan jangan lagi mengandalkan pemerintah pusat.
 
Imbauan ini berlaku bagi seluruh pemerintah daerah di Indonesia, namun karena saat ini ia tengah berada di Kabupaten Sukabumi sehingga imbauan ini bisa lebih dahulu disampaikan.
 
Jika seluruhnya ditangani oleh pusat, di Indonesia ada 74 ribu desa, maka akan menambah berat beban APBN. Sehingga, untuk hal-hal yang lebih kecil bisa ditangani langsung oleh pemda setempat.
 
"Pemda dan pemerintah pusat harus bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan dan tidak bisa saling andalkan karena sudah ada aturannya khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat," tambahnya.
 
Teten mengatakan Pemkab Sukabumi juga harus bersyukur dengan kepedulian pendukung Presiden Joko Widodo yakni Komite Pendukung Nawacita (KPN) yang membantu dalam pembangunan jembatan di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar yang sama sekali tidak menggunakan dana APBN maupun APBD.
 
Sehingga dengan adanya bantuan ini, bisa meringankan beban pembangunan dari APBD, karena untuk membangun jembatan permanen yang tahannya hingga 30 tahun dengan panjang 27 meter dan lebar 1,5 meter membutuhkan dana yang besar.
 
"Kami juga mengimbau kepada pemerintah desa untuk menggunakan DD itu untuk memberdayakan masyarakat desa seperti membangun sarana dan prasarana umum, peternakan, perikanan maupun pertanian," kata Teten.
 
Sementara, Asisten Daerah III Setda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit mengatakan Pemkab Sukabumi mempunyai visi dan misi agar daerah ini lebih mandiri. Maka dari itu, di tangan Marwan Hamami-Adjo Sardjono, pemda setempat sudah mempunyai banyak program dalam pemberdayaan masyarakat khususnya dalam pengentasan kemiskinan, pengangguran dan putus sekolah.
 
Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada seperti bisa datang ke dinas terkait jika ingin melakukan kegiatan pemberdayaan warga sekitar seperti dalam bentuk pelatihan managemen UKM.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI