Sukabumi Update

Bangga, Pendekar Silat Kabupaten Sukabumi Meriahkan Jambore Nasional Pramuka

SUKABUMIUPDATE.COM - Para pendekar pencak silat Kabupaten Sukabumi mendapat kehormatan mengisi atraksi gelar budaya kolosal pada pembukaan Jambore Nasional Gerakan Pramuka tanggal 14 Agustus 2016 mendatang, yang diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Ciburur, Jakarta Timur.

150 pendekar silat dari tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Sukabumi akan tambil dihadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan pejabat nasional lainnya.

Pendekar yang tergabung dalam Kelompok Pencak Silat Nusantara (KPSN) Kabupaten Sukabumi ini tak hanya tampil diacara atraksi budaya, tapi juga memberikan warna berbeda pada gerakan pramuka nasional.

Penasehat KPSN Kabupaten Sukabumi Adjo Sardjono menegaskan, kreasi KPSN merupakan gabungan seni pencak silar, tarian, dan teater. Kreasi seni dan olah raga bela diri ini, akan menjadi salah satu atraksi budaya kolosal di acara pembukaan Jambore Gerakan Pramuka Nasional.

"Panitia Jambore Gerakan Pramuka Nasional tak hanya tertarik dengan kreasi seni KPSN Kabupaten Sukabumi, tapi juga inovasi yang kita ciptakan," jelas Adjo Sardjono usai melepas rombongan pendekar KPSN di SMAN 1 Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/8).

Lebih jauh, Pembina KPSN Kabupaten Sukabumi Anjak Priatama Sukma menjelaskan, gerakan senam pramuka ala KPSN Kabupaten Sukabumi ini, akan menjadi gerakan wajib pada acara senam pagi setiap peserta Jambore Gerakan Pramuka Nasional.

"20 orang kader KSPN Kabupaten Sukabumi diberikan tanggung jawab lebih sebagai instuktur gerakan senam pagi ala silat dan pramuka ini," jelas Anjak.

Inovasi kader-kader pesilat Kabupaten Sukabumi dalam menciptakan gerakan senam silat ini, akan diganjar penghargaan besar, sebagai gerakan senam silat Pramuka Indonesia.

"Kita harus bangga dengan apa yang sudah diberikan teman teman pesilat Kabupaten Sukabumi pada Indonesia," tegas Anjak.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI