Sukabumi Update

Kemunculan Tiga Ekor Buaya Hebohkan Gelaran Festival Geopark Ciletuh 2016

SUKABUMIUPDATE.COM – Wisatawan yang hadir pada acara persiapan Festival Geopark Ciletuh 2016 yang akan digelar pada 27-28 Agustus mendatang, mendapat suguhan ekstra dengan kemunculan tiga buaya laut di Pantai Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, kemunculan buaya ini tidak membuat warga sekitar menjadi panik, karena warga umumnya sudah mengetahui hal tersebut. Yang membuatnya menjadi daya tarik bagi warga dan wisatawan karena kemunculan buaya ini tidak terjadi setiap saat. Karenanya kemunculan tiga ekor buaya laut ini, merupakan hal langka.

Menurut Koordinator Wilayah Selatan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hermawan, kemunculan buaya laut tersebut tidak berbahaya. Walaupun merupakan hewan pemangsa, tetapi ketiga buaya ini tidak pernah melukai siapapun apalagi sampai menelan korban jiwa. Bahkan, penyelam lokal dan nelayan kerap berenang berdampingan dengan buaya jenis ini.

"Tiga buaya air asin (laut-red) ini, tergolong tidak berbahaya, karena sudah menjadi habitatnya di sini. Karena tidak jauh dari Pantai Ujunggenteng terdapat hutan lindung. Bahkan, kemunculan buaya ini menjadi daya tarik wisatawan," terang Dadang kepada sukabumiupdate.com, di Sukabumi, Minggu (21/8).

Ditambahkan Dadang, tiga buaya tersebut sudah hidup puluhan tahun di wilayah Kecamatan Ciracap. Adapun ukurannnya, yang satu ekor memiliki panjang sekitar lima meter, sedangkan dua lagi sekitar empat meter.

Namun Dadang membantah jika kemunculan tiga buaya tersebut terkait peristiwa mistis atau gaib. Dadang mengimbau kepada warga dan wisatawan untuk tidak mengganggu hewan tersebut, apalagi sampai merusak habitatnya.

Buaya tersebut muncul di waktu-waktu tertentu saja atau saat musim ikan, biasanya reptile itu muncul di Pantai Serwan dan Batu Mandi. Namun, untuk beberapa hari terakhir ini satu dari tiga buaya tetrsebut muncul di Dermaga Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap.

Masih menurut Dadang, bagi warga atau wisatawan yang ingin melihat buaya tersebut agar segera datang ke Pantai Ujunggenteng, karena kemunculannya tidak pernah bisa diduga.

Selain buaya, hewan lain yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, namun kemunculannya tidak bisa dijadwal, adalah Hiu Bentang yang memiliki panjang sekitar 15 meter.

Kapolres Sukabumi AKBP M. Ngajib membenarkan kemunculan buaya-buaya tersebut di pesisir Pantai Ujunggenteng. Pihak kepolisian menduga, buaya-buaya tersebut muncul dari Kawasan Margasatwa Cikepuh, Ujunggenteng.

"Sejauh ini pihak kepolisian belum menerima laporan adanya ancaman dari kemunculan buaya-buaya tersebut. Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan dinas terkait, jika memang dibutuhkan, polisi siap sedia mengambil tindakan yang diperlukan," ujar M. Ngajib melalui sambungan telepon.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI