Sukabumi Update

Korban Bencana Puting Beliung di Kalapanunggal Belum Tersentuh Bantuan

SUKABUMIUPDATE.COM - Ratusan rumah dua desa di Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, rusak akibat disapu bencana puting beliung yang terjadi pada Kamis (1/8) sore. 

Informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, akibat bencana itu, setidaknya 110 rumah rusak dengan rincian, 60 rumah di Desa Kalapanunggal, dan di Desa Walangsari sebanyak 50 rumah. Dari jumlah tersebut sebanyak 30 rumah alami rusak berat.

Rumah yang rusak tersebut mayoritas pada bagian atapnya, sementara untuk rusak berat akibat tertimpa pohon besar. Walaupun pada peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun beberapa warga harus mengungsi ke rumah keluarga maupun tetangganya terdekat, karena rumahnya tidak bisa ditinggali lagi.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Saepuloh usai mengunjungi korban bencana alam tersebut, meminta agar Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali meberikan bantuan, karena saat ini, bantuan dari pemerintah belum seluruhnya mengakomodir korban.

"Tidak sedikit warga yang mengeluhkan biaya perbaikan, sehingga pemerintah harus segera turun tangan, apalagi akibat bencana itu ada rumah warga yang tidak bisa lagi dihuni," katanya.

Kepala Desa Kalapanunggal Kankan Sukanda mengatakan, meskipun kejadian puting beliung ini tidak lama, tetapi tiupan angin begitu dahsyat. Walaupun tidak jatuh korban jiwa, tetapi kerugian material akibat bencana ini sangat besar. "Mayoritas kerusakan bangunan pada bagian atapnya. Musibah ini sudah dilaporakan kepada pemerintah daerah, dan hingga kini, kami masih menunggu datangnya bantuan," katanya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI