Sukabumi Update

Laris Manis, Ketupat Siap Makan untuk Idul Adha Diburu Warga Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Jelang perayaan Idul Adha 1437 H, tak hanya pedagang cangkang atau bungkus ketupat yang laku, tapi juga penjual ketupat siap santap. Di Kota Sukabumi peminat ketupat siap saji ini juga tinggi, baik sistem order (pesan-red) atau beli langsung ke lapak-lapak dadakan yang muncul di pinggir jalan, biasanya satu hari jelang perayaan lebaran, seperti hari ini Minggu (11/9).

Salah satunya berada di Jalan Raya Siliwangi, pinggir gang Jayaniti, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Sejak pagi, Susi dan suaminya sudah menggatung lebih dari 1500 biji ketupat siap santap yang setengahnya adalah pesanan para pelanggan.

Suami istri, warga Kelurahan Gurungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi ini adalah pedagang musiman spesialis ketupat siap saji. “Ini sebagian besar adalah pesanan dari langganan kami, mereka memesan ketupat siap makan untuk lebaran. Sisanya kami jual pada siapapun yang mau,” ungkap Susi kepada sukabumiupdate.com, Minggu.

Ada dua jenis ketupat yang ditawarkan oleh Susi, berdasarkan ukurannya, yang besar dijual dengan harga Rp40 ribu per 10 buah, sedangkan yang kecil Rp30 ribu per 10 buah. “Kita kasih pilihan biar yang beli bisa menyesuaikan sama uang yang mereka punya,” lanjutnya.

Rata-rata pemesan dan konsumen ketupat siap santap ini adalah warga yang tidak sempat membuat ketupat sendiri atau kekurangan stok ketupat.

“Kebutulan ada keluarga besar mau datang mendadak merayakan lebaran di rumah, jadi takut kurang. Untung ada yang jual ketupat siap makan, jadi nggak repot,” jelas Wawan, warga Gunung Puyuh, Kota Sukabumi yang membeli ketupat siap santap di lapak keluarga Susi.

Bagi Susi, ketupat bukan barang baru karena sehari-hari keluarga ini berjualan ketupat sayur di Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi. “Kita hanya berjualan ketupatnya saja dua kali dalam setahun yaitu sehari sebelum Idul Fitri dan Idul Adha. Dagangnya hanya satu hari, besok kan udah lebaran,” tutup Susi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI