Sukabumi Update

Pemkot Boras Swedia Bantu Kelola Sampah Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Pemerintah Kota Boras Swedia memberikan program hibah mesin pengolah sampah tepat guna kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota Sukabumi yang bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan bagi para teknisi mesin ini.

Teknologi pengolah sampah itu sendiri di Swedia tepatnya di Kota Boras, telah berhasil mengubah masalah sampah menjadi produk daur ulang dan energi terbarukan yang telah dinikmati warganya untuk bahan energi seperti gas yang dihasilkan dari biogas sampah.

Bahkan yang menakjubkan, bioenergi gas dari bahan sampah tersebut diberikan secara secara gratis kepada masyarakat Kota Boras. 

“Program kerjasama ini sangat strategis untuk Kabupaten Sukabumi, selain bantuan teknologi dan fasilitas pengolahan sampah, pelaku pengelola sampahpun mendapat pelatihan pemanfaatan teknologi ini yang konsultannya langsung dari Pemkot Boras,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Kamis. 

Marwan mengakui permasalahan sampah di Kabupaten Sukabumi sudah dalam kondisi mengkhawatirkan karena setiap harinya produksi sampah 150 ton. Bahkan dari jumlah tersebut tidak terangkut hingga ke tempat pembuangan akhir (TPA). 

Akibatnya menjadi masalah di lingkungan warga, dan parahnya jumlah sampah yang tidak terangkut hingga TPA diyakini akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

"Sudah banyak program pemerintah dan upaya elemen masyarakat untuk penanggulangan sampah di Kabupaten Sukabumi namun belum efektif dan optimal," tambah Marwan. 

Sementara perwakilan Pemkot Boras, Jessica mengatakan pemerintahannya tertarik menjalin kerjasama dengan 16 kota/kabupaten di Indonesia diantaranya dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

"Kota Palu merupakan salah satu contoh daerah yang telah berhasil menerapkan pengelolaan sampah melalui kerjasama dengan Pemerintah Boras dan pemberdayaan kepada masyarakat yang selama ini terlibat dalam pengelolaan sampah seperti pemulung sampai pengelola TPA," katanya.

Meskipun kerjasama ini masih dalam tahap pembahasan memorandum of understanding (MoU), namun Pemkot Boras bersama pihak terkait akan mengunjungi calon lokasi pengolahan sampah ke TPA Cikundul Kota Sukabumi dan TPA Cimenteng Kabupaten Sukabumi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI