Sukabumi Update

Penjualan Telur Penyu Kembali Marak di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Penjualan telur hewan dilindungi yakni  Penyu Hijau (Chelonia mydas) kembali marak di Sukabumi. Bahkan, untuk satu butir telur penyu mentah dijual dengan harga yang cukup murah yakni Rp7 ribu hingga Rp9 ribu.

Informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, penjualan telur penyu tersebut tidak dengan cara terbuka, tetapi hanya kepada orang yang dikenalnya saja. Bahkan ternyata, permintaan telur penyu dari  Pantai Pangumbahan dan Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh di Desa Gunung Batu Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi cukup tinggi.

Pengakuan dari oknum yang menjual telur penyu tersebut, ia mendapatkannya dari Kecamatan Ciracap, namun tidak secara rinci menjelaskan lokasinya di mana.

"Telur ini saya jual Rp9 ribu dalam keaadaan mentah, mau pesan berapa saja saya sanggupi," kata penjual telur penyu yang identitasnya tidak bisa diumbar ke umum, tapi ia mengaku warga Kecamatan Ciracap.

Selain itu, ternyata telur penyu ini dijualnya juga ke warga luar Sukabumi seperti Jakarta dan lain-lain. Dengan harga yang sama, tetapi jika membeli dalam jumlah  banyak harganya bisa lebih murah lagi.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir mengatakan pihaknya akan menelusuri adanya informasi tersebut, apakah telur penyu ini dicuri dari lokasi atau di luar konservasi.

"Informasi ini sangat penting bagi kami dan kami akan menelusuri serta memperketat keamanan di lokasi konservasi hewan yang terancam punah ini. Kami berharap pelakunya bisa tertangkap tangan," katanya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI