Sukabumi Update

Pengurus RT RW di Kota Sukabumi Ikuti Simulasi Penanganan Kebakaran

SUKABUMIUPDATE.COM - Tidak hanya teori, para peserta Pelatihan Penguatan Kesiapsiagaan Bencana (PPKB) juga diberi kesempatan mencoba mempraktekan penggunaan alat pemadam kebakaran sederhana jika terjadi bencana kebakaran. PPKB ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (26/10).

Simulasi yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi tersebut, warga dan para ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) se-Kecamatan Citamiang diberi kesempatan untuk mensimulasikan cara penanganan kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan kepada sukabumiupdate.com mengatakan. dengan adanya simulasi ini diharapkan ketua RT dan RW dapat menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) ataupun secara tradisional memakai karung goni, sebelum petugas pemadam kebakaran datang.

"Diharapkan pengurus RT dan RW bisa mensosialisasikan lagi kepada masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing," kata Asep.

Sementara, Ketua RT 04/08 Gang Purwa, Kecamatan Citamiang Omid Suherman (68) mengatakan, simulasi penanggulangan bencana kebakaran dengan menggunakan alat tradisional seperti karung ini kalau bisa jangan hanya sekali. "Ini juga sekaligus silaturahmi antar RT dan RW khususnya di Citamiang," tambahnya.

Beda hal dengan yang dirasakan warga RT 04/03 Kecamatan Citamiang, Ani Suryani (36), saat mencoba APAR yang baru pertama kali digunakannya tersebut, ternyata tidak mudah. "Ini baru pertama kali saya mencoba dan mengikuti pelatihan seperti ini, sebagai antisipasi dan keamanan, khususnya penanganan awal bencana," katanya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI