Sukabumi Update

Siapa Jagoan di Terminal Type A Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Tidak dapat dipungkiri keberadaan terminal identik dengan kelompok orang yang menjadi “jagoan” atau pengendali keamaan di luar lembaga resmi. Kepindahan terminal di Kota Sukabumi dari Jalan Sudirman, Kecamatan Warudoyong ke Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Citamiang, juga tidak terlepas dari adanya “penguasa” di Terminal Type A tersebut.

Banyak isu dan kabar beredar, tentunya di kalangan para “jagoan” bahwa di terminal ini sejumlah kelompok pemuda dengan beragan bendera, baik organisasi kepemudaan (OKP) atau organisasi kemasyarakat (Ormas) bahkan organisasi sayap partai politik (Parpol) mulai unjuk gigi untuk menancapkan pengaruh.

Para jagoan inilah nantinya yang akan “mengatur” banyak urusan di terminal tentunya yang berkaitan dengan uang tidak resmi berjudul dana keamanan. “Terminal Type A masih banyaknya keterbatasan khususnya konsolidasi keamanan, namun hal itu akan tetap dilakukan dengan tujuan meminimalisir dampak negatif yang timbul,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (27/10).

Abdul Rahman tidak secara tegas menyebutkan siapa jagoan di terminal baru ini, namun ia menegaskan bahwa kepindahan terminal ini bukan hanya pindahan bis dan awak bis saja. “Ada penghuni kios, dan ormas yang kini harus menyesuaikan ke tempat yang baru,” tuturnya.

Resistensi sudah terjadi, Abdul Rahman mengaku jika warga sekitar Terminal Type A di Jalan Lingkar Selatan banyak yang tidak mau kedatangan pendatang dari luar. “Kita sama -sama menghilangkan ekspansi negatif. Semuanya bisa berjalan dengan masyarakat sekitar,” harapnya.

Ia menegaskan kehadiran terminal type A bukan hanya untuk warga sekitar saja tetapi untuk masyarakat semua. “Bukan aparat saja tapi masyarakatnya, mari kita dukung bersama terminal yang baru, ini bisa jadi daya perekonomian daerah,” tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI