Sukabumi Update

Bupati Sukabumi Dukung Sekolah Senin sampai Jumat

SUKABUMIUPDATE.COM - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mendukung rencana Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhadjir Effendy yang akan memberlakukan pengurangan durasi aktif sekolah, yakni menjadikan hari Sabtu sebagai libur nasional di sekolah.

Marwan menilai dengan akan diterapkannya sistem pengurangan durasi hari belajar di sekolah ini, tidak jauh berbeda dengan sistem hari kerja dari Senin sampai Jumat di lingkungan pemerintahan, yang menitik beratkan pada efisiensi dan pengoptimalan pelayanan.

"Kalau diterapkan secara konsisten, akan banyak manfaat kalau sistem ini diterapkan, di antaranya ada efisiensi anggaran, seperti pengunaan listrik di sekolah, dan efisiensi biaya transportasi bagi siswa," kata Marwan kepada sukabumiupdate.com, Selasa (8/11).

Ditambahkan Marwan, pengurangan durasi hari belajar menjadi Senin sampai Jumat, bisa dimanfaatkan kepala sekolah dan guru untuk melakukan perencanaan program lain menyangkut peningkatan kependidikan. Selain itu, bermanfaat bagi anak didik, banyak waktu untukberkumpul dengan keluarga, atau mengisi dengan kegiatan positif lainnya.

Marwan meminta jika sistem ini diberlakukan, para guru dan orangtua sudah bisa menyesuaikan diri. Sebab, saat sistem ini diberlakukan, ada konsekuensi penambahan durasi jam pelajaran menjadi sampai sore hari.

"Dan tentu ada penambahan biaya uang jajan atau uang makan bagi anak sekolah. Saya berharap semua guru bisa mempersiapkan jika sistem ini diberlakukan," tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI