Sukabumi Update

Kota Sukabumi Ranking 6 Penderita HIV/AIDS di Jabar

SUKABUMIUPDATE.COM  - Penderita HIV/AIDS di Kota Sukabumi menduduki peringkat ke enam di Jawa Barat (Jabar) setelah Kota Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, dan Kabupaten Bogor.

"Jumlah penderita HIV dari tahun 2000 sampai 2016 sebanyak 1.047 orang," kata Ketua Komisi Penaggulangan AIDS Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada sukabumiupdate.com, Senin, (14/11).

Pengungkapan kasus HIV ini berawal dari pemeriksaan kesehatan warga rawan tertular seperti pekerja seks komersil (PSK), lelaki suka lelaki (LSL) atau gay, pecandu narkotika dan obat terlarang (Narkoba) suntik (penasun) dan lain-lain. Bahkan kasus baru penderita HIV hingga Juli tahun ini bertambah 84 orang. 

Jumlah penderita HIV/AIDS yang terungkap ini hanya ibarat "gunung es" atau puncaknya saja yang terdeteksi, tetapi diperkirakan jumlahnya jauh lebih banyak.

Bahkan, beberapa tahun ini cukup banyak ibu rumah tangga dan tengah hamil tertular HIV yang ditularkan dari suaminya. Maka dari itu, untuk melakukan pencegahan tersebut salah satunya dengan memeriksakan kesehatannya secara rutin.

"Kami terus berupaya menekan angka penularan HIV yang salah satunya membentuk komunitas peduli AIDS yang berasal dari berbagai elemen," tambah Fahmi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI