Sukabumi Update

Sukabumi Summit akan Undang Kepala Daerah Teken Deklarasi Percepatan Tol Bocimi

SUKABUMIUPDATE.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mengagendakan menggelar Sukabumi Summit pada 14-15 Desember 2016 nanti. Pada kesempatan nanti, sejumlah kepala daerah dari wilayah tengah Jawa Barat akan menandatangani deklarasi mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias Bocimi.

Upaya itu dilakukan agar aksesibilitas jalan di Sukabumi bisa terus ditingkatkan lebih baik lagi. "Nanti akan ada deklarasi yang dilakukan sejumlah kepala daerah untuk mendorong percepatan pembangunan dan penggunaan jalan tol," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman, menyikapi keluhan para pengusaha otobus (PO) antar kota antar provinsi (AKAP), Senin (5/12).

Nanti juga bakal dibahas menyangkut percepatan pembangunan jalan lingkar selatan untuk mendorong maksimalnya terminal tipe A KH Achmad Sanusi. Sejauh ini, Jalan Selakaso dijadikan alternatif sementara sambil menunggu selesainya pembangunan Segmen IV Jalan Lingkar Selatan.

"Kita juga akan menata jaringan trayek angkutan kota. Sekarang kan masih status quo. Artinya, sekarang tahapnya melandaikan dulu terminal. Nanti masuk ke tahap penataan trayek. Tidak semudah membalikkan telapak tangan kan menata trayek itu. Bulan ini kita evaluasi dulu. Baru pada Januari 2017 kita sudah punya konsep penataan trayeknya," terang Abdul.

Dalam waktu dekat, kata Abdul, Dinas Perhubungan juga akan mengundang para stakeholder (pemangku kebijakan) yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab infrastruktur jalan. Di antaranya seperti dari Balai Pengelola Jalan tingkat provinsi maupun nasional maupun dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat maupun Kabupaten Sukabumi.

"Peran kita dari Dinas Perhubungan, nanti akan urun rembug mengatasi permasalahan yang disampaikan para pengusaha bus AKAP dengan mengundang sejumlah stakeholder," pungkas Abdul.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI