Sukabumi Update

Perangkat Desa se-Kecamatan Cikembar Kembali Sekolah

SUKABUMIUPDATE.COM - Para perangkat desa se-Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dan sekolah lapangan di Pondok Wirausaha Puyuh, tepatnya di Kampung Sukamantri, Desa Cikembar, Jumat (16/12).

Kepala Inspektorat Iwan Ridwan menuturkan, kegiatan ini untuk melatih para kades mengenai tata pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan. Dalam pelaksanaannya nanti, tidak ada kesalahan administrasi apalagi kebocoran keuangan anggaran dana desa (ADD).

“Sehinga sumber daya manusia (SDM) di Pemerintah Desa akan menjalankan tata kelola keuangan sesuai aturan. Ini selaras pada tahun 2017 setiap perangkat desa harus memahami tata kelola keuangan dengan baik agar tidak tersandung dengan masalah hukum,” kata Iwan.

Diingatkan Iwan, tidak ada alasan bagi perangkat desa untuk melakukan pelanggaran sekecil apapun, apalagi pelanggaran secara berjamaah. Jika terindikasi adanya pelanggaran, pihaknya akan langsung melakukan pemeriksaan secara intensif dan berkala yaitu dengan pemeriksaan reguler, khusus, dan pemeriksaan kasus.

“Kami akan terus mengawasi setiap pengelolaan keungan di tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan di lingkungan desa,” ujarnya.

Kades Bojong Asep Setiawan menilai positif kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan khususnya pengelolaan keuangan ADD. “Kami diberikan aturan, jadi nanti pada pelaksanaan pengelolaan keuangan tidak bisa mengutak-ngatik, termasuk risiko hukum. Jadi kami lebih paham agar pengelolaan lebih jelas dan terarah,” tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI