Sukabumi Update

Pohon Tumbang Macetkan Lalin, Pasukan Kuning Buka Akses ke Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.COM - Sebanyak 15 orang tim pasukan kuning dikerahkan Dinas Tata Ruang, Permukiman, dan Kebersihan (Tarkimsih) Kabupaten Sukabumi untuk membersihkan sisa-sisa pohon yang menutup akses jalan nasional di Palabuhanratu. Pasalnya, batang dan daun pohon jenis Angsana tersebut menghalangi arus kendaraan, Sabtu (17/12).

Tumbangnya pohon berumur sekitar 40 tahun itu terjadi di Kampung Babakan Sirna RT 03/10, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, ketika diterjang angin kencang, siang ini pukul 12.00 WIB

Pasukan kuning langsung dengan sigap memotong dahan dan membersihkan daun karena pohon tersebut sempat membuat arus lalulintas macet total. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini lantaran ketika pohon tumbang di sekitar lokasi dalam kondisi sepi.

“Setiap kali terjadi pohon tumbang, kami (pasukan kuning-red) langsung turun ke lapangan tanpa harus menunggu perintah lagi dari pimpinan. Karena dari awal pasukan kuning sudah dipersiapkan. Yang penting ada informasi akurat, kita langsung meluncur ke lapangan," tegas Irman, salah satu anggota pasukan kuning.

Peralatan untuk mempermudah pekerjaan, pihaknya mengaku, seluruhnya sudah disediakan oleh dinas. Termasuk mobil untuk mengangkut dan membawa pohon. “Daun pohonnya kita simpan di gudang taman untuk dijadikan pupuk kompos," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pertamanan Dinas Ttarkimsih Agus Sofyan membenarkan, jika pasukan kuning yang sehari-hari mengurus taman di beberapa titik di Palabuhanratu, disiapkan juga untuk membantu membersihkan pohon tumbang.

"Kita bisa lihat beberapa hari lalu, tim pasukan kuning selalu terlibat dalam penanganan pohon tumbang, termasuk hari ini langsung dikerahkan," ujarnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI