Sukabumi Update

11 Pelajar Kota Sukabumi Positif HIV, Wajib Bersekolah

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, memastikan 11 pelajar yang dinyatakan positif HIV, tetap mendapatkan hak pendidikan. Mereka adalah temuan kasus terbaru, tiga warga tinggal di Kota Sukabumi sementara sisanya, pelajar dari luar.

Pengelola Progam KPA Kota Sukabumi, Yanti Rosdiana Parta, menilai bahwa mereka adalah korban dan pemerintah daerah wajib merawat kesehatan termasuk hak mereka untuk tetap duduk dan mengenyam bangku pendidikan seperti anak lainnya.

“Alhamdulilah mereka masih bersekolah dengan normal. Kita akan memperjuangkan kesehatan termasuk hak mereka untuk tetap mendapatkan pendidikan,” ungkap Parta kepada sukabumiupdate.com, Rabu (04/01).

Menurut Parta, pelajar yang ditemukan positif HIV ini rata-rata usia 15 hingga 20 tahun. Hasil voluntary counselling and testing (VCT) pelajar yang tertular HIV ini akibat pergaulan tidak sehat, seperti menggunakan narkoba suntik maupun seks bebas.

"Kami juga berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan pendidikan. Kesehatan pelajar tersebut terus dipantau dan jangan sampai konsumsi ARV-nya terputus untuk menekan perkembangan virus dalam tubuhnya," tambah Parta.

Yanti mengatakan tidak hanya memberikan terapi atau pengobatan saja. Pelajar yang terinveksi HIV ini juga diberikan pembinaan agar tetap bersemangat dalam menjalani hidup, dan yang terpenting tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Hal yang sama diungkap Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Tatan Rustandi. “Kita akan melindungi hak mereka, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Saya dapat kabar dari KPA bahwa anak anak ini tetap sekolah. Hak pendidikan ini akan kami kawal, mereka tetap harus bersekolah.”

Tatan juga meminta identitas para pelajar ini dirahasiakan, agar tidak menimbulkan penolakan dari orang-orang yang belum mengerti hak OHIDA (orang yang hidup dengan HIV). “Selama mereka nyaman tidak terbuka, ya jangan dibuka. Intinnya kita akan support pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi OHIDA di Kota Sukabumi.”

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI