Sukabumi Update

Gerakan Literasi di Kota Sukabumi Disambut Antusias Dunia Pendidikan

SUKABUMIUPDATE.com - Gerakan Literasi Sekolah yang digulirkan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi mendapat respon baik dari berbagai kalangan dunia pendidikan.

Sejak gerakan ini di-launching, menurut Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah, Nicke Siti Rahayu, sebanyak sepuluh sekolah telah ikut terlibat aktif di dalamnya.

“Itu (jumlah sepuluh sekolah-red) yang langsung saya dampingi, dan jumlahnya bertambah setiap harinya," kata Nicke kepada sukabumiupdate.com di sela-sela kesibukan mendampingi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Azhar, Selasa (24/1).

BACA JUGA:

Belajar di Perpustakaan Insan Kamil Desa Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Bonus Makan Bakso

Pemkot Sukabumi Dinilai Diskriminatif, 65% MD Tidak Miliki Perpustakaan

Desa Sukaraja Rangsang Minat Baca dengan Perpustakaan Digital

Nicke menambahkan, sebagai langkah awal untuk mewujudkan gerakan literasi di Kota Sukabumi, pihaknya telah menggagas Sukabumi Gemar Membaca (Sugema). Sugema dikemas dengan berbagai kegiatan yang menarik minat pelajar.

"Kita juga akan membuka perpustakaan pada hari minggu dengan menyediakan berbagai permainan tradisional termasuk dengan deskripsinya, seperti ular tangga, egrang, halma, bakiak, dan sondah. Selain dari fungsi pendidikan, penelitian historis juga ada," ujarnya.

Sementara itu, pengelola perpustakaan SMP Al Azhar, Lukmanul Hakim mengungkapkan keluhannya dalam hal mendapatkan pengurus perpustakaan yang konsisten. “Waktu itu ada petugas khusus yang mengurusi perpustakaan bahkan dari pustakawan. Namun karena mungkin ada yang lebih baik penghasilannya, akhirnya mengundurkan diri, dan sampai saat ini sulit mendapatkan kembali," keluhnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI