Sukabumi Update

CSIS Bikin Riset Soal Hobi Anak Muda Jaman Now, Apa Hasilnya?

SUKABUMIUPDATE.com - Centre Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil riset tentang hobi anak muda jaman now alias generasi milenial, Kamis pekan lalu. Studi berjudul "Ada apa dengan Milenial? Orientasi Sosial, Ekonomi, dan Politik" ini mengulas kehidupan sosial anak muda berumur 17-29 tahun di Indonesia.

Studi berbasis survei ini menggunakan metodologi multi-stage random sampling terhadap 600 responden di 34 provinsi. Riset dilakukan sepanjang 23-30 Agustus. Survei pembanding juga dilakukan terhadap generasi di atas umur 30 tahun dengan jumlah responden 851 orang.

Meskipun definisi bervariasi, milenial atau yang juga dikenal sebagai Generasi Y, sering diklasifikasikan sebagai orang yang lahir antara tahun 1981 dan 1995. Sedangkan Generasi Z terdiri dari orang-orang yang lahir antara tahun 1995 dan 2010. Kalau di Indonesia generasi ini mungkin lebih dikenal dengan "anak jaman now".

Ada enam konteks yang ditanyakan terhadap semua responden. Di antaranya, yaitu milenial dan aspirasi masa depan; milenial dan globalisasi; milenial dan media sosial; milenial dan toleransi; milenial dan kinerja pemerintah; serta, milenial dan politik.

CSIS menemukan hal menarik dalam konteks kegiatan yang disukai anak muda jaman now. Dalam hal ini anak jaman now ternyata lebih suka kegiatan olahraga. Sebanyak 30,8 persen memilih kegiatan tersebut. Selain itu, ada juga kegiatan bersifat hiburan lainnya, seperti musik (19 persen) dan menonton film (13,7 persen).

Ini berbeda dengan generasi non-milenial (di atas 30 tahun). Sebanyak 23,8 persen generasi ini lebih memilih kegiatan bersifat keagamaan. Generasi non-milenial juga menyukai kegiatan memasak (20,8 persen), dan membas isu politik (3,4 persen).

Sumber: Tempo

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI