Sukabumi Update

Heboh Gempa Megathrust Selatan Jawa, Bagaimana Faktanya?

SUKABUMIUPDATE.com - Potensi gempa megathrust selatan Jawa memang ada. Namun, menurut Nugroho Dwi Hananto, peneliti gempa dan kelautan dari Pusat Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, tidak ada yang bisa memprediksi kapan persisnya gempa besar akan mengguncang wilayah di sekitarnya, termasuk Jakarta.

"Hingga saat ini belum ada metode untuk memprediksi gempa secara pasti," kata pria yang juga menjabat Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Oseanografi tersebut, saat dihubungi, Senin, 5 Maret 2018.

Dalam sepekan kemarin, masyarakat Jakarta digemparkan oleh broadcast pesan WhatsApp berisi mengingatkan warga bersiap-siap menghadapi gempa sebesar di atas magnitudo 8 yang akan mengguncang Jakarta dalam waktu dekat. Broadcast tersebut juga menautkan link berita berisi kutipan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Nugroho menjelaskan, megathrust ialah sesar (patahan) yang naik dan terbentuk karena adanya zona tumbukan (subduksi) antara kerak samudra dan kerak benua. Zona megathrust di Indonesia, kata dia, memanjang dari utara di Andaman, barat Sumatera, selatan Jawa, utara Papua, dan utara Sulawesi.

"Secara statistik, 85 persen gempa bumi dihasilkan zona megathrust," ujar Nugroho. "Baik gempa besar maupun kecil."

Gempa-gempa masa lalu yang tercatat, Nugroho menjelaskan, biasanya dijadikan acuan untuk menghitung periode dan prediksi gempa masa depan. Perhitungan perkiraan gempa juga dilakukan dari rekaman data karang dan endapan sedimen.

"Tapi perhitungan itu hanya menjadi acuan di mana gempa selanjutnya akan terjadi, di mana ada sesar aktif, termasuk zona megathrust. Bukan untuk menghitung waktu, tanggal, bulan, dan jam berapa gempa akan terjadi," kata Nugroho.

Menurut Nugroho, prediksi gempa yang pasti tidak mungkin dilakukan dengan teknologi yang ada sekarang ini. Sebab, struktur penyebab gempa melibatkan faktor alamiah yang kompleks. Karena itu, Nugroho kembali menekankan, "Tidak ada manusia yang tahu pasti kapan gempa akan terjadi selanjutnya."

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI