Sukabumi Update

Hujan Butiran Es di Bandung, Ini Penjelasan BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan butiran es terjadi di selatan Bandung, Ahad sore, 22 Juli 2018. Tiupan angin kencang juga mewarnai hujan es itu. BMKG menilai fenomena itu wajar.

Beberapa warga melaporkan di Baleendah dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, terjadi hujan es disertai angin kencang ketika hujan turun. Kejadiannya antara pukul 16.30-17.00 WIB.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, hujan es disebabkan karena adanya awan cumulonimbus yang ketinggiannya lebih 5 kilometer dari permukaan bumi. "Sehingga awan melewati lapisan beku, dan butiran es tadi turun ke permukaan bumi," katanya Ahad, 22 Juli 2018.

Ketika turun menjadi hujan ke bumi, ukuran butiran es berkurang atau mengecil akibat gaya gesek udara. Sementara di daerah lain sekitar Bandung Raya, hujan hanya butiran air tanpa es.

Tony mengatakan hujan yang terjadi pada Ahad tergolong hujan ringan hingga sedang dengan durasi singkat. "Karena dampak perubahan pola angin, sehingga terkumpul awan hujan di sekitar Bandung," katanya.

Menurutnya, hujan ini hanya ganguan cuaca jangka pendek. Potensi hujan seperti itu berkisar satu hingga tiga hari ke depan. Saat ini Bandung dan Jawa Barat masih di musim kemarau terhitung sejak Mei hingga Oktober mendatang.

"Puncak musim kemarau di Agustus, saat tersebut curah hujan paling sedikit dalam setahun," katanya. Musim kemarau tahun ini di Jawa Barat umumnya dalam kondisi normal. Kondisi itu sama seperti rata-rata musim kemarau dalam 30 tahun terakhir.

Normal di musim kemarau, kata Tony, yaitu hujan secara bertahap berkurang dan mencapai puncaknya di bulan Agustus. Setelah itu hujan secara bertahap akan meningkat dan berganti musim hujan pada Oktober.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI