Sukabumi Update

Gerhana Bulan Juli 2018 Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

SUKABUMIUPDATE.com - Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah, akan melakukan pengamatan gerhana bulan total pada Sabtu, 28 Juli 2018. Gerhana bulan tersebut merupakan gerhana bulan total terlama dalam abad ini, yaitu sekitar 103 menit.

"Pengamatan akan dimulai pada pukul 01.00 WIB di Kantor Stasiun Geofisika Banjarnegara di Jalan Banjarmangu KM 12," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Selasa, 24 Juli 2018.

Menurut Setyoajie, gerhana bulan total ini juga dapat diamati di seluruh Indonesia termasuk di Banjarnegara selama cuaca cerah. "Dapat langsung diamati dengan mata telanjang, namun menggunakan teleskop atau kamera tertentu akan lebih baik," kata Setyoajie.

"Berdasarkan prakiraan cuaca, pada saat terjadinya gerhana bulan total di Banjarnegara cerah berawan, dan kemungkinan fenomena tersebut akan terlihat cukup jelas," kata Setyoajie menambahkan.

Berdasarkan catatan BMKG bahwa gerhana parsial atau sebagian akan dimulai pada pukul 01.24 WIB. Gerhana bulan total akan dimulai pada pukul 02.30 WIB. Puncak totalitas gerhana sekitar pukul 03.21 WIB dan gerhana total berakhir 04.14 WIB. "Gerhana parsial atau sebagian berakhir pukul 05.19 WIB".

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI