Sukabumi Update

Prediksi Banjir Bandang Bisa Lewat Google Earthm, Begini Caranya

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana alam berupa banjir bandang sering kali melanda dan menyebabkan kerusakan yang cukup luas. Padahal, dengan penggunaan teknologi informasi, ancaman banjir bandang bisa diprediksi dan diantisipasi.

"Teknologi yang digunakan tersedia di internet," kata peneliti dari Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah Aliran Sungai (BPPDAS), Endang Savitri di Solo, Kamis 27 September 2018. Menurut dia, kajian untuk memprediksi kemungkinan terjadinya banjir bandang bisa dilakukan dengan Google Earth.

Dia menjelaskan bahwa banjir bandang biasanya terjadi akibat sebuah proses yang terjadi selama bertahun-tahun. "Jadi tidak terjadi secara tiba-tiba akibat hujan deras," katanya. Namun, selama ini hujan lebat yang mengguyur saat banjir bandang melanda selalui dituding sebagai biang keladi.

"Banjir bandang biasanya terjadi akibat penyumbatan di daerah aliran sungai," kata Endang. Sumbatan yang membentuk bendung alami itu menghalangi aliran sehingga air menumpuk di satu area. "Dalam titik tertentu bandung ini akhirnya jebol menjadi banjir bandang," katanya. Biasanya jebolnya bendung alami itu terjadi saat hujan deras mengguyur.

Tumpukan penyumbat itu bisa terbentuk melalui proses yang berlangsung secara bertahun-tahun. "Sangat mudah teridentifikasi melalui membandingkan gambar Google Earth di daerah aliran sungai secara berkala," katanya. Cara ini juga bisa dilakukan oleh pemerintahan di daerah.

Dia mencontohkan, banjir bandang di Banyuwangi pada Juni kemarin sangat mengagetkan masyarakat. "Banjir terjadi di Bulan Juni dimana curah hujan tidak tinggi," katanya. Ternyata, banjir itu terjadi akibat penyumbatan aliran sungai yang terjadi selama bertahun-tahun.

"Kami telah melakukan pengecekan melalui Google Earth," katanya. Melalui aplikasi itu, sumbatan di sungai telah terekam sejak 2014. Sumbatan yang membendung sungai itu akhirnya jebol pada Juni lalu lantaran tidak mampu lagi menahan air yang mengumpul selama bertahun-tahun.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI