Sukabumi Update

BMKG: Puting Beliung Biasa Terjadi Saat Pancaroba

SUKABUMIUPDATE.com - Angin puting beliung melanda Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 6 Desember 2018, pukul 15.20 WIB. Kejadian ini terjadi di wilayah Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur; dan di Kelurahan Lawang Gintung, Batutulis, Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan. Stasiun televisi Metro TV mengabarkan banyak rumah atap rumah dan pertokoan diterbangkan angin tersebut.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya, mengatakan hujan es dan angin puting beliung biasa terjadi pada musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke hujan. "Atau di musim hujan di mana terjadi cuaca cerah beberapa hari sebelumnya atau jeda hujan," katanya, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan keterangan BMKG, sekarang ini wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan. Mendung dan hujan turun hampir setiap hari, namun begitu cuaca cerah masih bisa terselip. Kondisi cuaca seperti itu sempat menimbulkan pertanyaan di media sosial. Apakah sekarang ini benar-benar sudah masuk musim hujan, atau masih pancaroba atau peralihan.

Tony mengatakan, wilayah seperti Bandung Raya kini sudah masuk musim hujan. Namun musim hujan tidak berarti turun hujan terus menerus setiap hari. "Ada pola angin dinamis yang membuat awan hujan terkumpul atau menyebar," katanya.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI