Sukabumi Update

Bulus Raksasa Ditemukan di Yogya, Berukuran 1 Meter

SUKABUMIUPDATE.com - Bulus raksasa ditemukan di Sungai Sempor Dusun Manyaran Desa Triharjo Sleman, 31 Januari 2019. Bulus  langka ini dititipkan di Gembira Loka Zoo mulai Kamis, 7 Februari 2019. 

Ukuran bulus ini tergolong sangat besar dibandingkan penemuan bulus-bulus sebelumnya. Bulus ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 cm dan lebar 54 centimeter. 

"Labi-labi bintang ini sudah terancam punah dan ini mungkin temuan terbesar di Yogya, setelah temuan bulus raksasa di Sungai Ciliwung pada 2011 lalu. Diperkirakan, binatang ini sudah berusia sekitar 50 tahun," kata Ruri Eprilurahman dari Laboratorium Sistematika Hewan, Fakultas Biologi UGM. 

Menurut Ruri, labi-labi dengan ukuran tersebut populasinya sudah sangat langka dibanding bulus Jawa dan labi-labi Cina.

Koordinator Polhut Balai KSDA Yogyakarta, Purwanto SH menjelaskan, temuan bulus kelamin jantan itu bermula dari pengaduan salah satu anggota Komunitas Hulu Jogja, bahwa salah seorang warga menemukan seekor bulus ukuran sangat besar di Sungai Sempor.

Setelah mendapat laporan, hari berikutnya petugas Balai KSDA Yogyakarta bersama Polres Sleman bergerak ke lokasi hingga melakukan pendekatan agar warga menyerahkan labi-labi bintang tersebut ke Balai KSDA. Ini mengingat, satwa tersebut jenis langka yang dilindungi Undang-Undang Nomor 5/1990.

Selanjutnya bulus tersebut dititipkan ke GL Zoo. Penyerahan spesies di kebun binatang itu dilakukan petugas Balai KSDA Yogyakarta kepada Manajer Konservasi GL Zoo, Josephine Vanda Tirtayani MA.

Kedatangan petugas Balai KSDA menyerahkan bulus raksasa  antara lain disertai petugas Laboratorium Sistematika Hewan Fakultas Biologi UGM, Animal Keeper  Jogja dan dari Kelompok Studi Herpenologi Yogyakarta. (Adk)

Sumber: Tempo

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI