Sukabumi Update

Ada yang Modern dan Tradisional, Melihat Alat Teropong Hilal di POB Cibeas Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Didukung dengan fasilitas lengkap, Pos Observasi Bulan (POB) yang berada di Kampung Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu tempat pemantauan hilal yang selalu menjadi rujukan utama bagi Kementerian Agama Republik Indonesia baik untuk menentukan awal Ramadan maupun penentuan 1 Syawal. 

"Alhamdulillah POB Cibeas ini merupakan tempat yang paling utama dijadikan sumber oleh Kementerian memutuskan awal Ramadan dan 1 Syawal. POB Cibeas itu sudah lama menjadi rujukan Kementerian," ujar penanggung jawab POB Cibeas Dede Sudarta kepada sukabumiupdate.com, Selasa (4/6/2019).

BACA JUGA: Hilal 1 Syawal 1440 Hijriah Belum Terlihat di POB Cibeas Sukabumi

Dede mengungkapkan, Kementrian Agama selalu menjadikan POB Cibeas sebagai rujukan karena memiliki alat dan fasilitas yang mumpuni.

"Aspek fasiltas yang ada sudah sangat mumpuni, lengkap, gedung serta alat alat untuk dilakukan baik alat pemantauan yang sudah modern atau alat yang masih tradisional," ujar Dede.

BACA JUGA: Penentuan 1 Ramadan 1440 Hijriah, Hilal Terlihat di POB Cibeas Sukabumi

Lebih lanjut, Dede mengungkapkan, alat yang sudah modern yaitu teleskop sedangkan alat tradisional yakni teropong bentang. Menurut dia, teropong bentang sekilas sangat sederhana namun fungsinya sangat bermanfaat. Salah satunya ketika penentuan satu Ramadan bulan lalu tim ahli rukyat melihat hilal melalui alat tradisional teropong bentang 

"Karena hilal pada saat itu tidak terlihat melalui alat modern tadi namun melalui alat tradisional teropong bentang tersebut bisa terlihat," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI