Sukabumi Update

Aksi 15 Dalang Asal Sukabumi Adu Ilmu di Surade

 

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 15 dalang wayang golek yang berasal dari beberapa kecamatan di kabupaten Sukabumi, unjuk kebolehan dalam Binojakrama Padalangan, di Lapang Sepakbola Badak Putih Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

"Para dalang datang dari Kecamatan Kalapanunggal, Nagrak, Surade, Waluran, Cikembar, Cikidang, Jampangkulon, Warungkiara, Kadudampit dan Simpenan," ucap Kepala Bidang Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Sukabumi,Yanti Irianti, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (7/8/2019).

BACA JUGA: Upaya Sanggar Pancanaka Jaga Kelestrian Wayang Golek di Daerah Selatan Sukabumi

Yanti mengatakan, mereka tampil selama dua hari adapun untuk pemenangnya juara 1, 2, 3, akan mewakili Kabupaten Sukabumi di tingkat Provinsi Jawa Barat. "Kabupaten Sukabumi merupakan juara umum pada tahun 2018, sehingga kami harus bisa pertahankan," jelasnya.

Selain untuk melahirkan dalang-dalang yang mumpuni serta handal diharapkan ada dalang yang mewakili Kabupaten Sukabumi di Binojakrama Padalangan tahun 2020 tingkat Jawa Barat.

BACA JUGA: Wayang Sukuraga, Terkenal di Dunia namun Terasing di Rumah Sendiri

"Binojakrama Padalangan mudah-mudahan bisa dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Salah satu juri dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Cahya Hedy menjelaskan bahwa para dalang diberi waktu selama satu jam untuk tampil. Penilaianya pada aspek dramatisasi, bahasa dan sastra, musikalitas dalang, vokal dalang, teknik dialog, ekspresi dan penjiwaan, dan kreativitas dalang.

BACA JUGA: Wayang Golek, Gelaran Pamungkas HUT ke 73 RI di Desa Rambay Sukabumi

"Waktu yang diberikan tiap dalang satu jam, dengan lakon yang berbeda, mereka harus bisa memadatkan cerita selama satu jam sebanding dengan semalam suntuk," jelasnya.

Apabila aspek tersebut sudah terpenuhi, artinya dalang sudah berada di atas standar jadi layak untuk mendalang. Dalam Binojakrama Padalangan ini diambil enam untuk juara 1,2,3 dan juara harapan 1, 2, 3. Dalang yang juara ini selanjutnya akan fokus pada proses pembinaan untuk mewakili Kabupaten Sukabumi di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI