Sukabumi Update

Cek Info Infrastruktur Jalan! Pakai Aplikasi Teman Jabar, Bisa Kirim Aduan Lho!

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat perkenalkan aplikasi Teman Jabar atau Sistem Informasi Jalan Jabar. Aplikasi tersebut untuk memaksimalkan informasi sekaligus media pengendalian, pelaporan dan penyampaian informasi pembangunan infrastruktur.

BACA JUGA: Akhirnya Kerusakan Jalan Provinsi Ruas Surade-Ujunggenteng Sukabumi Diperbaiki

Kepala Sub Unit Pengelolaan Ka SUP 4. UPTD II Kota dan Kabupaten Sukabumi Entis Sutisna mengatakan, aplikasi berbasis data informasi ini ditujukan agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan di wilayah Jawa Barat. 

Tampilan Aplikasi Teman Jabar (Sistem Informasi Jalan Jabar) berbasis Data informasi kegiatan.//Foto: Istimewa

"Aplikasi ini berisi informasi soal kegiatan-kegiatan yang tengah dilakukan di BMPR Jabar, baik itu pemeliharaan, peningkatan hingga pembangunan (infrastruktur) yang tersebar di 6 UPTD," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (19/9/2019). 

Selain itu, kata Entis Aplikasi Teman Jabar ini dibuat agar warga dapat mencari tahu soal pembangunan apa saja yang tengah berlangsung di daerahnya, hingga dapat memantau progres dan mengetahui vendor-vendor mana saja yang mendapat tanggungjawab mengerjakan proyek-proyek tersebut. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur laporan masyarakat, yang dapat menampung pelaporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan, jembatan ataupun hal lainnya.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Janji Perbaiki Jalan Lingkar Selatan Sukabumi, Siapkan Anggaran Rp 16 Miliar 

"Itu bisa dilakukan sebagai bagian dari transparansi kegiatan yang melibatkan masyarakat. Semua dapat melaporkan pandangan mereka tentang kerusakan jalan atau jembatan, dan nanti kita akan tangani lewat URC," singkatnya.

Pembangunan infrastruktur yang ditunjukan untuk mendukung pembangunan Jabar Selatan ini juga bertujuan meningkatkan laju perekonomian di wilayah UPTD II Kota dan Kabupaten Sukabumi, umumnya wilayah Jabar Selatan.

"Seperti saat ini kami tengah fokus dalam pengerjaan beberapa titik di wilayah Sukabumi seperti di jalur Baros Sagaranten, Sagaranten - Tegal Buleud, Cikembar - Jampang Tengah, Jampang Tengah - Kiara Dua, Surade - Ujung Genteng, Waluran - Palangpang, dan Loji  palangpang. Perkembangannya bisa dilihat di aplikasi Teman Jabar," pungkasnya.

 

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI