Sukabumi Update

Bunga Bangkai Langka Amorphopalus Gigas Mekar Sempurna di Kebun Raya Bogor

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga bangkai jenis Amorphopallus Gigas mekar dengan sempurna di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bunga yang tergolong langka itu diketahui mekar pada Minggu (6/10/2019).

"Ini mekar sempurna pada hari Minggu. Koleksi jenis gigas, hanya ada satu di sini saja," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor Inggit Pujiastuti, Senin (7/10/2019).

Inggit menjelaskan, bunga itu mekar sempuna dengan tinggi mencapai 290 centimeter. Selama menjadi koleksi Kebun Raya Bogor, bunga tersebut baru mekar sebanyak dua kali terhitung sejak tahun 2007.

Ia menambahkan, Amorphopallus Gigas merupakan kerabat dari bunga bangkai Amorphopallus Titanium. Kedua bunga bangkai itu dapat dibedakan dari fisik.

"Yang membedakan itu dari tangkainya. Untuk Amorphophallus Gigas tangkainya lebih tinggi. Sedangnya ukuran Titanum lebih besar, tangkainya pendek. Jadi ciri khasnya Gigas tinggi," jelas Inggit.

Namun, ada beberapa kesamaan antara kedua tanaman tersebut salah satunya mengeluarkan aroma busuk yang cukup menyengat dari kelopaknya.

Sebelumnya, tiga bunga langka Rafflesia Patma yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor juga mekar berturut-turt beberapa waktu lalu. Bunga langka itu mekar untuk ke-14 kalinya sejak tahun 2010 silam.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI