Sukabumi Update

BMKG Sebut Gempa Dangkal Magnitudo 3,7 di Sukabumi dari Aktivitas Sesar Cimandiri

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo 3,7 mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/10/2019) pukul 17.50 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat titik pusat gempa berada di titik koordinat 6.93 LS - 106.61 BT atau 35 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman empat kilometer.

Staf Observatori BMKG Bandung Wilayah Palabuhanratu, Rafdi Ahadi mengatakan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi adalah gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

BACA JUGA: Guncangan Kuat Warga Berhamburan, Gempa Darat 3,7 Magnitudo di Selatan Sukabumi

"Dalam peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI, di Palabuhanratu dengan Skala Intensitas II - III MMI.  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan," kata Rafdi saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, melalui pesan singkat.

Masih kata Rafdi, hingga pukul 18.23 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau dikenal dengan istilah aftershock. "Kami imbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi resmi dari BMKG," tandasnya.

 

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI