Sukabumi Update

Mengenal Pohon-pohon dengan Bunga Cantik Penuh Warna di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Disadari atau tidak, Kota Sukabumi memiliki tiga jenis pohon yang memiliki bunga indah dan beraneka warna ketika mekar. Ketiga pohon itu adalah pohon bungur, tabebuya, dan jakaranda.

"Pohon bungur, bunganya berwarna ungu, pohon ini tersebar di Kota Sukabumi, yang paling banyak terdapat di Jalan Pelabuhan antara bank Supra hingga simpang lingkar. Sedangkan pohon tabebuya, bunganya berwarna kuning, tersebar di alun-alun dan simpang kimia farma Jalan Surya Kencana. Dan pohon jakaranda, di Lapang Merdeka yang berbunga kuning," kata Kepala Seksi Penataan Ruang Terbuka Hijau DLH Kota Sukabumi Fajar Rahmansyah, Kamis (7/11/2019).

BACA JUGA: Distan Catat 294.000 Kujarat Digunakan Dalam Festival Bunga Sukabumi

Fajar mengungkapkan, terdapat sekitar 120 pohon bungur di Kota Sukabumi, lalu 50 pohon tabebuya dan satu pohon jakaranda. Pohon bungur tersebut ditanam pada tahun 2000-2004 kalau dirata-ratakan umurnya baru 15 -20 tahun. Sementara untuk pohon tabebuya, ditanam di tahun 2010. Dan pohon jakaranda, umur pohonnya sekitar 20-25 tahun.

Pohon jakaranda, di Lapang Merdeka yang berbunga kuning

"Kalau perawatan pohon bungur kita sering cek, dan pohon tersebut merupakan pohon yang cukup kuat dan tahan dari hama. Yang lain pun sama kita cek. Itu ditanamnya dari zaman Walikotanya Pak Udin," tambah Fajar.

BACA JUGA: Saat Bunga Sakura Bermekaran di Sagaranten Sukabumi

Fajar mangatakan, pohon-pohon di Kota Sukabumi itu terus dipertahankan. Hanya saja, puting beliung April 2018 lalu menyebabkan 68 pohon tumbang dan rusak. Pohon tumbang dan rusak itu berada di Jalan Surya Kencana, R Syamsudin, Siliwangi, Jalan Rumah Sakit, Jalan Sudirman.

Pohon bungur yang ketika musim kemarau akan berbunga. Bunganya berwarna ungu.

Menurut Fajar, pohon-pohon tersebut berbungan satu kali dalam setahun ketika musim kemarau. Fajar menuturkan, pihaknya tengah merencanakan agar tahun depan mulai ditanam kembali pohon-pohon yang berbunga di Kota Sukabumi ini.

BACA JUGA: Meriah! Festival Bunga dan Mobil Hias Keliling Palabuhanratu

"Kita ingin wajah Kota Sukabumi menjadi keren. Saya dapat kabar bahwa pohon tabebuya yang di Kota Surabaya berwarna pink, sedangkan di kita warnanya kuning, jadi sepertinya keren kalau ada di kota kita bunga pohonya berwarna warni bunganya. Saya masih mencari bibit pohonya," pungkas Fajar.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI