Sukabumi Update

Tiga Bunga Bangkai Muncul di Cilutung Warungkiara Sukabumi, Berawal Dari Hilang Domba

 

SUKABUMIUPDATE.com – Kemunculan bunga bangkai (latin: amorphophallus) kembali terjadi di Kampung Cilutung, Desa Giri Jaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi. Ada tiga bunga bangkai muncul di kebun yang sama, hanya berjarak dua hingga tiga meter, ditemukan saat pemilik lahan mencari dombanya yang hilang.

Tiga bunga bangkai ini pertama kali ditemukan oleh Sumiati pemilih kebun yang pada hari Selasa sore kemarin (26/11/2019) tengah mencari domba ibunya yang hilang. “Bibi saya itu mau nyari domba nenek yang malamnya hilang dicuri. Bibi mencium bau bangkai di dekat kandang domba, pas ditelusuri ternyata dari bunga merah besar yang sudah mekar,” jelas Elki Maulana kepada sukabumiupdate.com, Rabu (27/11/2019).

Saat diperiksa ternyata tidak hanya satu, ada bunga yang masih berukuran kecil belum mekar dan yang masih kuncul baru keluar dari tanah sekitar 15 centimeter. Tiga bunga bangkai ini tumbuh dengan jarak kurang dari tiga meter satu dengan yang lain, diantara pohon alpukat dan pohon pisang.

BACA JUGA: Amorphophallus Tumbuh di Sebelah SMAN 1 Parakansalak Sukabumi

Penampakan tiga bunga banga di satu lokasi berdekatan di Cilutung Giri Jaya

Siswa SMPN 4 di Cibadak ini mendapat cerita dari Sumiati, bahwa di kebun milik keluarga itu memang setiap tahun sering muncul bunga bangkai. “Tapi baru tahun ini yang muncul tiga sekaligus, biasanya cuma satu atau dua. Ini langsung tiga,” sambungnya.

BACA JUGA: Tanam Ubi, Warga Gegerbitung Sukabumi Malah Temukan Kerabat Bunga Bangkai

Elki tahu jika tanaman yang tumbuh di kebun keluarganya ini adalah bunga langka yang dilindungi oleh pemerintah. “Ini kan bunga asli Indonesia, mau saya jaga. Biar nggak ada yang ngerusak,” pungkasnya.

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI