Sukabumi Update

Gerhana Matahari Cincin di Palabuhanratu dan Sukabumi Terlihat di Jam Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memperkirakan fenomena gerhana matahari cincin hari ini, Kamis (26/12/2019) akan terlihat di wilayah Sukabumi dan Palabuhanratu dalam dua waktu yang berbeda.

Staf Observatori BMKG Palabuharatu, Rafdi Ahadi menyebut, fase awal gerhana matahari cincin di Palabuhanratu akan terlihat pukul 10.42 WIB dengan puncak gerhana pukul 12.35 WIB, serta akhir gerhana pukul 14.21 WIB.

"Kemudian untuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya awal gerhana akan terlihat pukul 10.44 WIB dengan puncak gerhana pukul 12.36 WIB, serta akhir gerhana pukul 14.22 WIB. Durasi gerhana 38 menit," ujar Rafdi kepada sukabumiupdate.com.

Rafdi menjelaskan, gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

"Wilayah yang terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin hari ini adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia dan Samudera Pasifik. Dapat diamati di sedikit Afrika bagian timur, seluruh wilayah Asia, Samudra Hindia, Australia bagian utara dan Samudera Pasifik berupa gerhana matahari sebagian," pungkas Rafdi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI