Sukabumi Update

Badai Tropis Claudia Bikin Sukabumi dan Jabar Selatan Panas di Musim Hujan

SUKABUMIUPDATE.com - Badai tropis Claudia mengakibatkan gangguan cuaca di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat bagian selatan termasuk Sukabumi. Beberapa hari terakhir cuaca jadi panas seharian di musim hujan.

 “Badai Claudia diperkirakan dua hari lagi akan punah,” kata Kepala BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) Bandung, Rabu (15/1/2020).

Dikutip dari tempo.co, menurut Tony pekan ini terdapat badai tropis Claudia di selatan Nusa Tenggara Timur atau di utara Australia. Kemunculan badai itu membuat pola angin di Jawa Barat berubah. 

“Jumlah awan hujan di Bandung Raya dan Jawa Barat selatan jadi berkurang, sehingga terjadi cuaca cerah berawan dan hujan ringan,” ujarnya.

BACA JUGA: Tunggu Kajian Geologi, Pelajar SDN 10 Cibadak Sukabumi Dihimbau Waspada Saat Hujan

Namun anomali cuaca itu tidak berlaku di wilayah pantai utara atau pantura Jawa Barat. Daerah seperti Indramayu, Cirebon, Majalengka, menurut Tony, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Sementara sebagian besar wilayah Sukabumi hujan dengan intensitas rendah namun berlangsung lama terjadi pada hari Jumat akhirnya silam (10/1/2020). Pada hari tersebut terjadi pergerakan tanah di sejumlah lokasi, salah satunya merusak SDN 10 Cibadak Sukabumi.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI