Sukabumi Update

Begini Cara Mencadangkan Foto dan Pesan di WhatsApp dengan Google

SUKABUMIUPDATE.com - Google memiliki berbagai jenis layanan yang membantu memudahkan pekerjaan, salah satunya adalah mencadangkan data di WhatsApp. Dengan menggunakan Google Drive, pengguna dapat mencadangkan pesan teks di WhatsApp secara otomatis dan menyinkronkan foto dengan Google Photos.

Dilansir dari Android Police, berikut cara mencadangkan foto dan pesan di WhatsApp dengan bantuan layanan Google:

1. Mencadangkan pesan teks

Buka aplikasi WhatsApp > pilih menu tiga titik di kanan atas layar > pilih Pengaturan. Pada halaman Pengaturan > pilih Obrolan > pilih Obrolan Cadangan.

Dari halaman ini, pilih akun Google yang ingin pengguna gunakan dan tetapkan apakah pengguna ingin melakukan cadangan melalui jaringan Wi-Fi atau koneksi seluler. Pilih opsi Cadangkan ke Google Drive dan tetapkan durasi waktu kapan pengguna ingin pencadangan otomatis terjadi. Pengguna dapat memilih mulai dari harian hingga bulanan.

Setelah mengatur pencadangan, pengguna akan menemukan file cadangan WhatsApp di Google Drive, tepatnya di dalam folder Backups.

2. Mencadangkan foto

Untuk mencadangkan foto ke Google Photos, pertama pengguna harus memiliki aplikasi Google Photos yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Setelah mengunduh Google Photos, buka aplikasi > ketuk tombol menu di kiri atas layar > ketuk Folder perangkat. Temukan folder Photos di WhatsApp. Jika pengguna belum mengaktifkan sinkronisasi, pengguna akan melihat ikon cloud.

Setelah pilih folder WhatsApp Photos, aktifkan opsi Cadangkan & Sinkronkan dengan menggeser tombol ke kanan.

Setelah pengguna mengaktifkan sinkronisasi, pengguna akan melihat semua foto WhatsApp muncul di aplikasi Google Photos.

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI